Friday, September 03, 2004

Ketika Mendekati Masa Pensiun



Banyak kekhawatiran yg terjadi ketika usia kita mendekati masa pensiun dan masih ada anak yang menjadi tanggungan karna sekolahnya belum selesai. Apalagi jika anak itu ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Hasrat hati ingin menikmati sisa usia tanpa rutinitas kegiatan kantor tapi apa daya jika keadaan menginginkan lain. Jangankan untuk pensiun, sekarang saja yang kerja dan berpenghasilan tetap setiap bulannya masih tak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Alhamdulillah sudah bisa makan walau dengan lauk seadanya. Jangankan berlibur, untuk keperluan lainnya saja terkadang tak terpenuhi. Blom lagi bayaran sekolah anak, buku sekolah yg harganya juga ga murah, bayar telpon, listrik, dan kebutuhan² tak terduga, misalnya pengobatan, undangan hajatan, dll.

Jika tiba waktunya gajian, bukannya senang tapi malah bikin pusing kepala. Karna harga kebutuhan yang tidak sesuai dengan penghasilan yang diperoleh. Sepertinya 1 penghasilan akan kurang bagi kita untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup ini. Sudah layak dan sepantasnya jika mempunyai penghasilan lainnya untuk dapat membuat kita survive.

Semakin tua usia kita, biasanya kondisi kesehatan juga akan semakin menurun. Dengan berbagai macam permasalahan hidup yang dihadapi, jika kita tidak pandai mengatasi dan berpasrah diri pada Illahi Rabbi, maka akan membuat tubuh yang renta akan semakin tak berdaya.

Entah sampai kapan hidup akan seperti ini. Kapankah tiba waktunya gaji yg kita terima dapat kita nikmati di hari tua.

Pernahkah terbayang di benak kalian, bagaimana menikmati sisa usia di hari tua nanti???

0 comments: