Wednesday, May 17, 2006

Belajar Menulis Cerita

Lagi gencar mencari ide & inspirasi nih utk ikutan bikin Flash Fiction (FF) dalam rangka menyemarakkan ajang Kerjasama Blogfam & Penerbit Gradien Books yang salah satu syaratnya

"Penulisan Flash Fiction ini dibatasi minimal 126 kata dan maksimal 216 kata. (126-216)
Pemilihan angka 1,2 dan 6 kami ambil dari angka 6-12 atau 6 Desember.
Karena flash fiction adalah cerita singkat padat, angka 612 tidak kami gunakan."

Sampe googling untuk mencari tau apa itu FF dan contoh² cerita FF. Setelah berkelana dengan panduan mbah google, aku terdampar di blognya Pak Amril. Aku baca satu demi satu isi dalam blog itu. Dan kutemukan satu rangkaian kata yang membuatku langsung mendapatkan ide cerita.
"TANGGAPAN ATAS SEBUAH TANTANGAN

Sebuah email "tantangan" datang ke inbox email saya. Tantangan No.23 dari milis WritersTavern, isinya begini:

Tantangan #23: Sudut Pandang
Pikirkan satu benda yang sering kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Tulislah cerita berdasarkan sudut pandang benda tersebut."

Dari tulisan itu kuselesaikan satu cerita FF yang langsung kukirimkan ke blogfam. Pagi ini kudapatkan beberapa ide, dan kutuliskan ide yang masih hangat dengan suasana hati ini. Kukirimkan 1 lagi cerita ke blogfam. Sebenarnya ada beberapa ide lagi, tapi berhubung setiap perserta hanya boleh mengirim 2 cerita jadi untuk ajang FF yang berikutnya saja.

Aku bukan penulis yang baik, tapi aku ingin menjadi penulis yang baik. Untuk itu aku tak lelah belajar menulis. Setiap kali Blogfam mengadakan ajang mengenai penulisan, aku selalu berusaha untuk berperan serta. Walaupun tulisanku tak masuk nominasi, tapi tak pernah lelah untuk belajar. Aku berharap suatu hari nanti tulisanku bisa masuk nominasi di blogfam

0 comments: