Thursday, June 10, 2004

Perempuan Bercerita Di Alam Maya

Waktu itu kebetulan di kantor lagi banyak waktu senggang. Lalu aku search di google cool web dan muncullah sederatan alamat web yang menurut google adalah web yang cool. Aku klik satu per satu dan tibalah di blog milik Didiet Radityo (kalo belom di ganti alamat urlnya), tapi sepertinya Didiet udah ga pake alamat itu lagi. Lalu aku baca semua isi webnya Didiet, aku klik semua link yang ada di situ. Ternyata ga cukup waktu satu hari untuk menjelajah isi webnya Didiet. Terus besoknya, aku berkunjung lagi ke webnya Didiet, terus dan terus. Aku penasaran dan pengen banget bisa bikin web seperti dia.

Kebetulan sekali di webnya itu ada ID YM (Yahoo Messenger) langsung aja kukirim message ke dia. Yang intinya aku kagum dengan hasil karyannya yang ada di web itu dan aku tertarik untuk bisa bikin seperti itu. Terus aku nanya "Blog" itu apa sih??? Gimana cara buatnya??? Lalu dia bilang coba kamu ke tempatnya Bang Enda (di alamatnya yang lama) disitu dijelasin "Blog" itu apa? Bagaimana cara buatnya, dll. Langsung aku ke tempatnya Bang Enda dan membaca pengertian Blog serta mempraktekkan instruksi yang ditulis Bang Enda.

Dengan penuh kesabaran dan penasaran aku bisa membuat Blog yang sangat sederhana dengan tampilan template dari Blogger. Kebetulan dapet ID YM – nya Bang Enda, jadi bisa konsultasi sama beliau secara langsung kalo pas lagi mentok. Waktu keliling-keliling ke blog yang lain, sempet minder juga. Abis blognya keren2 banget. Trus dikasih tau juga sama Bang Enda untuk dapetin template yang bagus-bagus di blogskins .

Pertama ngeblog, bingung mo posting apa? Trus nanya sama Bang Enda blog yang bagus itu seperti apa? Kata Bang Enda yang penting selalu update. Terus belajar dari tata bahasa yang dipake para blogger yang aku kunjungi. Ada yang gayanya ngocol abis, ada juga yang bikin cerita panjang, ada yang dalam bentuk puisi, ada yang serius, ada yang santai, pokoknya macem-macem deh.

Nah dari situ aku mulai belajar posting. Pertama2 sih masih merasa kok aneh ya?? Lama-lama akhirnya blog itu jadi tempat curhat dengan title "What You Read Is What I Feel". Banyak teman-teman yang terlibat membantu dalam pembuatan blog hingga bisa sampe seperti sekarang tampilannya. Udah beberapa kali merubah tampilan, tapi tetap saja selalu hijau sesuai dengan alamat blognya nice-green .

Dari ngeblog banyak banget manfaat yang aku dapatkan. Seperti: lebih terbuka dan merasa tak punya beban karna dah diceritain semuanya di blog. Punya banyak teman, walaupun ga semuanya bisa tatap muka. Dapat banyak ilmu dan informasi. Menjalin persahabatan dengan sesama blogger yang ada di negara bahkan benua yang berbeda. Sehingga membuat dunia ini terasa semakin kecil. Dan yang pasti masih banyak hal-hal positif lainnya yang aku peroleh dari ngeblog.

Selain itu ikutan milis blogbugs biar ga ketinggalan informasi tentang dunia blog. Trus ikutan juga di forum bloggerfamily . Sempet kopdaran juga sama anak-anak blog, walau belum ketemu sama semua bloggerian Indonesia. Tapi seneng banget rasanya punya temen-temen seperti mereka. Semenjak itu jadi kecanduan ngeblog & blogwalking. Pokoknya ga abis-abis deh rasa ingin tahu di otak ini. Abisnya tiap hari pasti ada aja informasi terbaru yang oke punya. Dan semakin ingin belajar dan belajar terus. Malah semakin cinta sama blog. Pokoknya pertama kali nyalain komputer langsung ngeblog. ;)

Waktu pertama ngeblog kok yang aku temuin tuh cowok-cowok, aku pikir jangan-jangan ga ada yang cewe?? Akhirnya nemuin juga bloggerian cewe dan ga kalah banyak sama yang cowo. Contohnya teh Nita yang selalu menceritakan keadaan di tempat dia tinggal dengan rutinitas yang dikerjakan. Lain lagi sama Ibu Syl yang selalu menceritakan pengalamannya tinggal di negeri orang bersama keluarga tercinta. Kalo Ibu Rieke postingannya selalu pake bahasa Inggris dan katanya ngeblog karna ga mau kalah sama anaknya hehhe. Trus ada juga Maknyak begitu panggilan akrabnya, di postingannya selalu diawali dengan puisi-puisi yang oke punya. Mba Edhish yang menceritakan kehidupan bersama keluarganya. Mba Otty dengan tutur bahasanya yang kalem, Mba Julia dengan tutorialnya tentang blinkies yang sangat cantik dan menarik, Puji dengan ceritanya seputar ternak ikan dan pemeliharaan anggrek, Nyinyi dengan postingannya yang berkaitan dengan tempat-tempat makan yang oke punya, Itha dengan segudang pengalamannya di dunia diving yang bikin semua pasti ingin mencobanya, Mba Ika dengan postingan tentang masakan yang selalu bikin aku kepengen, lala dengan April Project yang dibuatnya sehingga membuat bloggerian cewe termasuk aku tertantang untuk ikutan, Tuteh yang selalu loncat dari satu shoutbox ke shoutbox lain dan tak lupa sering banget ganti leot, Atta susunan kata-katanya yang indah yang membuat orang yang membacanya ga mau ketinggalan setiap postingannya.

Dan masih banyak lagi perempuan-perempuan yang bercerita di alam maya yang ga mungkin disebutkan satu per satu, abis banyak banget. Moga-moga aku ga akan pernah bosen untuk ngeblog. Semoga blog ini bisa menjadi ajang kreativitas untuk kita semua.

Thanks to: teman-teman yang dah berbaik hati membantu aku dalam pembuatan blog ini. Yang ga bisa disebutkan satu per satu. I love you all.

0 comments: