Wednesday, March 31, 2004

Apa salahku??

Mestinya kau bilang
Apa salahku
Tapi kau hanya diam membisu
Dan membuatku bingung

Bagaimana aku bisa tau
Apa masalahnya
Maafkan aku
Jika selama ini menjadi beban buatmu

Agar kau tau
Aku tak pernah ingin menjadi beban bagi orang lain
Jangankan kamu
Bagi ortu dan keluargapun aku tak mau

Tapi kalau memang ini maumu
Aku terima
Akan lebih baik jika kau bilang
Apa masalahnya

Agar jelas semua
Tak ada rasa penasaran
Curiga dan resah
Aku tunggu sampai kau mengatakannya

Tuesday, March 30, 2004

Indahnya Taubat

Hari-hari kita mestinya adalah hari-hari taubat. Karena setiap saat, setiap detik, antara cahaya dan kegelapan, antara dosa dan pahala, antara harapan dan penyesalan saling berebut di hati anda. Bahkan jika hari ini pun anda menyesali apa yang anda lakukan, besok pun terulang kembali dosa yang sama dalam waktu dan tempat berbeda, atau dalam bentuk yang berbeda pula.

Karena itu janganlah takut dengan taubat, karena taubat itu indah dan penuh cinta. Janganlah khawatir dengan taubat, karena kekhawatiran itu adalah nafsu yang dikelola oleh kandang-kandang syetan. Janganlah pesimis atas ampunanNya, karena jika langit dan bumi ini dipenuhi oleh noda-noda kita, dosa-dosa kita, kesalahan dan kezaliman kita, niscaya ampunan, maghfirah, kemaafan, dan cintaNya lebih besar dari
semuanya.

Bahkan kata Ibnu Athaillah as-Sakandary, “Terkadang Allah mentakdirkan hamba-hambaNya berbuat dosa, agar si hamba lebih dekat kepadaNya.” Amboi betapa indah
dan luhurnya Dia, kita harus berbaik sangka kepadaNya, bahwa dosa-dosa pun bagian dari cara Dia mendidik kita. Ketika kita cerdas dan pandai, seluruh kesadaran
kita sudah kembali kepadaNya. Tetapi janganlah kita begitu gegabah memaknai, dengan merasa berbesar diri, menyepelekan dosa-dosa kita, hanya karena dosa kita
tak ada apa-apanya dibanding ampunanNya. Jangan pula kita berbangga dengan dosa-dosa kita, hanya karena berbangga dengan dosa itu melemparkan kita pada
kegelapan paling mengerikan: Jauh dari Cinta dan pelukan Ilahi.

Karena itu mari kita bertobat. Taubatan Nasuha. Taubat yang yang sesungguhnya. Pertama-tama kita taubati dosa-dosa kita, karena hari demi hari, ada saja dosa-dosa yang menempel bagai debu di tubuh kita. Semua hanyalah debu-debu yang hampir tiada artinya, lama-lama telah berubah menjadi kumpulan debu dan gundukan kotoran di tubuh kita, lalu menjadi dosa besar namanya. Apalagi jika kumpulan kotoran itu adalah noda-noda besar kita. Oh, Tuhan, ternyata engkau tidak tega menyiksa mereka, ketika mereka sedang bergelora dalam istighfar. (al-Qur’an)

Lalu kita masuki taubat berikutnya: Taubat atas kealpaan kita, kelalaian kita, dari mengingat allah dalam hari-hari dan waktu kita. Perselingkuhan kita dengan syetan dan dunia, telah mejauhkan diri kita dari Allah, dan Allah terasa hilang dari hati kita.
Detik-detik jantung kita, gerak-gerik syaraf ruhani kita, ternyata begitu terabaikan dari campur tangan Allah disana. Makanya, sudah niscaya, jika istighfar menjadi buah bibir hati kita. Inilah taubatnya para Kekasih Allah. Taubat dari kealpaan bermesraan dengan Allah. Taubat dari kealpaan Dzikrullah. Inabah namanya.

Kemudian tahap selanjutnya, kita bertaubat dari segala apa saja selain Allah. Sebab selain Allah senantiasa sirna, dan hanya WajahNya yang Abadi. Keabadian Allah
janganlah dibiarkan terlantar di kuburan dunia, karena itu segala hal selain Allah sesungguhnya dusta belaka. Dan karenaNya, kita taubati semuanya. Itulah jika kita
ingin meneladani Nabi dan RasulNya. Mereka para pilihan itu, tak ingin sekejap pun hatinya kehilangan Dia. Itulah yang disebut dengan Aubah.

Pertaubatan memanglah sehari-hari tak bisa kita lepaskan. Kata Tawwaabin (orang-orang yang betaubat), dikaitkan dengan Mutathohhirin (orang-orang yang menyucikan hati). Maknanya, taubat sebagai awal pembuka, maka disanalah ada penyucian jiwa. Proses taubat sampai akhirnya, hingga jiwa-jiwa menjadi suci,
adalah proses yang dicintai oleh Allah.

Simpul-simpul Taubat. Di dalam Al-Qur’an banyak ayat tentang taubat. Kalau disimpulkan manfaat taubat antara lain:

Orang yang bertaubat:

#Taubat itu adalah Cinta-Nya kepada hambaNya (Al-Baqarah 222)
# Taubat itu interopeksi (An-Nisaa’ 17-18)
# Taubat itu akan meraih kenikmatan yang bajik (huud, 3)
# Taubat itu membawa kemenangan dan kebahagiaan (An-Nuur, 31)
# Taubat itu meleburkan diri dalam KasihNya (Al-Maaidah, 74)
# Taubat itu lebih baik dari alternative lainnya (At-Taubah, 74)
# Taubat yang sesungguhnya diiringi oleh amal yang saleh (Al-Furqon, 71, An- Nuur, 5, Ali Imron, 89, An-Nisaa’ 146, al-Qashshah 67, Maryam, 60, al-Maidah, 39, Al-An’aam, 45, Al-A’raaf, 42 dll)
# Taubat itu harapan Allah pada hambaNya (An-Nisaa’, 27)
# Segera bertaubat adalah wujud ampunan Allah (An-Nisaa’17)
# Taubat itu membeningkan hati, (At-Tahrim, 4)
# Taubat itu tanda mendapat hidayah (Thaha, 122)
# Taubat itu menghilangkan kekerasan hati (At-Taubah 15)
# Senantiasa beribadah, memuji Allah, pasrah dan Ruku’ serta berujud (At-Taubah, 112)

Orang yang menolak Taubat :

#Menolak taubat berarti tergolong zalim (al-Hujurat 11)
# Menolak taubat berarti ada penyimpangan jiwa (At-Taubat 117)
# Akan mendapatkan siksa (Ghafir, 3)
# Karakteristik orang-orang kafir (Ali Imron 90)
# Senantiasa alpa kepada Allah (At-Taubah 126)

Monday, March 29, 2004

Selamat Jalan ya Pak....

Ya Allah,
Ampunilah segala dosa dan kesalahan bapakku
Terimalah semua amal ibadahnya
Tempatkanlah ia di tempat terbaik disisiMu
Selamat jalan ya Pak....
Pergilah dengan tenang
Sampai ketemu di Surganya Allah

Thursday, March 25, 2004

Bagaiman Berpikir Besar

"Keberhasilan yang ditentukan bukan oleh besarnya otak seseorang, melainkan oleh besarnya cara berpikir seseorang"

Jika Berpikir Besar menghasilkan begitu banyak, mengapa tidak semua orang berpikir seperti itu???? Kita semua lebih dari yang kita sadari, adalah produk dari cara berpikir di sekeliling kita. Dan kebanyakan dari cara berpikir ini adalah kecil, tidak besar. Semua di sekeliling kita adalah lingkungan yang berusaha menarik kita ke dalam keadaan sedang2 saja. Kita diberitahu hampir setiap hari bahwa ada banyak peluang kerja, tapi sedikit kesempatan untuk masuk ke tingkat atas. Jadi mengapa berusaha keras mendapatkan lowongan yang tidak ada???

Prinsip dan konsep dasar yg mendukung Mukzizat Berpikir Besar datang dari sumber2 utama, yaitu tokoh2 yg berpikiran terbaik dan terbesar yg pernah hidup di muka bumi ini, seperti:

* Emerson yang mengatakan "Manusia yg agung adalah mereka yg mengetahui bahwa pikiran menguasai dunia."

* Milton (Paradise Lost): "Pikiran adalah tempatnya sendiri dan pikiran ini saja dapat membuat surga dari neraka atau neraka dari surga"

* Shakespeare: "Tidak ada yang baik atau buruk kecuali bahwa pikiran membuatnya demikian."

Berpikirlah besar dan kita akan hidup besar. Kita akan hidup besar dalam kebahagiaan, prestasi, pendapatan, respek dan dalam jumlah teman yang kita dimiliki. Jadi mulailah dengan pikiran filsuf besar ini, Disraeli: "Hidup terlalu singkat untuk berpikir kecil dan berbuat hal yang kecil2."

Tuesday, March 23, 2004

Kapuera


Nama kapuera (capoeira) mungkin masih terdengar asing. Tapi, kawula muda seperti di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya mulai menyukai bela diri asal Brasil ini. Tiap sore, misalnya, di Boulevard Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, warga bisa menyaksikan sejumlah anak muda unjuk kebolehan berkapuera.

Asyik juga menontonnya. Jurus-jurusnya terasa dinamis. Mirip gerakan salto yang dikombinasikan dengan senam. Persis orang sedang menari. Sesekali terdengar suara gendang mengiringi gerakan mereka. Tak terlihat nuansa kekerasan layaknya ilmu bela diri.

Yang sedang unjuk kebolehan tadi adalah anggota Capoeira Jogja Club (CJC). "Kami sedang melakukan latihan bebas," kata Sugeng Prasetyo, seorang anggota CJC. Umumnya, anggota CJC dari kalangan mahasiswa dan anak muda, usia 12-30 tahun.

Boleh dibilang, CJC merupakan klub bela diri kapuera pertama di Indonesia. Berdiri pada 18 Oktober 1999. Adalah dua mahasiswa Australia, Naomi Herman dan Simon, yang sedang kuliah di Fakultas Sastra UGM, yang punya sedikit pengetahuan mengenai kapuera.

Lalu keduanya mengajak beberapa mahasiswa untuk berlatih. Seorang di antaranya yang antusias adalah Yudhi Handoyo. Tanpa diduga, hanya dalam waktu dua bulan, peminat kapuera membludak. Bahkan, ketika kedua mahasiswa Australia itu pulang ke negaranya, latihan tetap dijalankan walau tanpa guru.

Anggotanya pun makin banyak. Lucunya, gerakan yang mereka pelajari cukup mengacu pada film Only The Strong yang dibintangi Mark Dacascos. Film tersebut banyak mengungkap keampuhan bela diri ini. Gerakan bisa diikuti, walau nama jurusnya belum tahu.

Baru setelah beberapa anggota rajin membuka internet, agak jelas nama-nama gerakan yang mereka tiru. "Kami baru sering belajar kapuera ini melalui internet sejak 2001," kata Yudhi Handoyo, 23 tahun, pimpinan CJC. Di dunia maya, ada beberapa situs kapuera.

Sejak itulah mereka mengembangkan variasi-variasi gerakan. "Kami jadi tahu nama gerakan yang kami lakukan dan urut-urutannya lewat internet, sehingga tak sulit bagi mereka untuk mengetahui gerakan bela diri ini secara keseluruhan," kata Yudhi. Tiap ada gerakan baru didiskusikan dan dilatih bersama. Namun hingga detik ini, mereka tak mengenal suhu di CJC. "Saya menjadi ketua di CJC karena saya yang duluan berlatih," kata Yudhi.

Kini, anggota CJC di Yogya mencapai 150 orang. Tiap anggota dikenai iuran Rp 10.000 per bulan. Markasnya di Perumahan Eks Kowilhan, di Jalan Kaliurang, tujuh kilometer utara kota Yogya.

Berkorespondensi dengan penggemar kapuera di luar negeri aktif mereka lakukan. Bahkan, jika kebetulan ada wisatawan asing yang ilmu kapueranya lebih tinggi, mereka tak segan-segan minta "petunjuk". Dan Rod "Medusa" Pen dari Inggris, misalnya, yang sedang menimba ilmu di UGM, juga mereka gandeng untuk memberi petunjuk.

Ternyata, CJC pula yang membidani lahirnya kelompok penggemar kapuera di kota besar lain. Misalnya, Capoeira de Jakarta di Jakarta dan Parentesco de Capoeira Pakuan di Bandung. Khusus di Jakarta, mereka bekerja sama dengan Jilly Likumahuwa, seorang yang peduli pada budaya Brasil.

Jilly mengenal kapuera sejak 1990-an, saat mengunjungi "negeri samba" itu. Namun baru pada 2003 ia aktif memperkenalkan kapuera. Bahkan, ia bersama capoeirista --julukan bagi olahragawan kapuera-- asal Yogya mendirikan Capoeira Indonesia Club (CIC), April tahun lalu. Mereka berlatih di Stadion Utama Senayan Pintu VI, Jakarta.

"Penggemar olahraga kepuera di Jakarta, Bandung, Yogya, dan Surabaya baru berkisar 500 orang. Tapi jumlah itu terus bertambah," ujar Jilly Likumahuwa kepada Adityo Ario dari GATRA. Meski tergolong seni bela diri baru, ia yakin kemampuan capoeirista Indonesia di arena internasional tak mengecewakan.

Kapuera dikenal di Brasil pada 1695. Awalnya diperagakan para budak dan pekerja kasar asal Afrika di Brasil, di zaman penjajahan Portugis. Ceritanya, para budak itu berniat melarikan diri. Kebetulan orang Portugis itu suka pesta dan tari-tarian. Maka, diciptakanlah jenis tarian yang mengutamakan gerak badan dan kaki. Maklum, tangan mereka diborgol. Tarian itu berfungsi pula buat melumpuhkan petugas.

Tarian ini sempat dilarang Pemerintah Brasil. Alasannya, makin banyak pemberontakan oleh kaum budak. Baru pada masa pemerintahan Presiden Getulio Vargas, 1930, penguasa mengurangi tekanan pada ekspresi kebudayaan rakyat, termasuk kapuera. Kelonggaran ini membuat Mestre Bimba bisa memulihkan dan mengembangkan kapuera menjadi seni bela diri. Berkat usahanya itu, Bimba dijuluki "bapak kapuera modern".

Kapuera mulai merambah Amerika Serikat pada 1970-an. Namun, musik kapuera kurang akrab di telinga warga Amerika. Sedangkan gerakannya diadaptasikan dengan musik disko dan black music, hingga tercipta breakdance. Itu sebabnya, kapuera lengket dengan musik hip-hop atau sejenisnya. Baru pada 1990-an, capoeirista asal Brasil mampu menyatukan kembali musik Brasil dengan kapuera hingga kembali ke ciri asalnya.

Menurut Yukha Ariadmana, dari bagian riset dan pengembangan CJC, latihan kapuera tak sama dengan bela diri lain. "Kami memadukan antara bela diri, tarian, dan musik," kata Yukha kepada GATRA. Gerakan-gerakan dalam kapuera ini hampir mirip dengan silat.

Ada beberapa gerakan dasar, antara lain kuda-kuda yang mereka sebut ginga. Gerakannya mirip kuda-kuda karate: kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang dengan posisi orang agak merendah. Cuma, cara bergeraknya sangat lentur hingga terlihat seperti orang menari. Ada pula gerakan dasar bertahan dan menyerang.

Esquiva adalah gerakan menghindar dengan menggerakkan bagian atas badan sambil merunduk. Jurus lainnya adalah negativa, yaitu bertahan sambil menaruh tangan di atas kepala dengan posisi mengepal untuk melindungi dari pukulan musuh. Masih ada gerakan lainnya, yaitu cocorinha, gerakan bertahan dengan posisi jongkok.

Gerakan dasar menyerang mei luha de frente adalah tendangan setengah putaran ke depan. Rasteira, sapuan memakai kaki untuk menjatuhkan musuh. Gerakan

menyerang lainnya adalah bencau, tendangan lurus ke depan. "Masih banyak gerakan lain dalam bela diri kapuera ini," kata Yukha.

Kapuera punya mobilitas tinggi untuk menghindari serangan. Mencakup nomor-nomor tendangan akrobatik, pukulan dan loncatan sambil memutar badan. Teknik tendangan cartwheel tercipta karena para budak seringkali dirantai pergelangan tangannya agar tak melarikan diri.

Menariknya lagi, bela diri ini mengenalkan semacam game yang disebut Jogo de capoeira. Dimainkan dua orang yang saling memainkan jurus kapuera, dikelilingi orang lain. "Ini adalah acara duel seperti bela diri lainnya, tapi dikemas seperti permainan. Tak ada kesan serem," kata Yukha.

Nah buat temen2 yg tau info ttg kapuera yg di jakarta, kasih tau gw ya.. soalnya gw pengen banget belajar kapuera. dah lama sih tertarik, kebetulan kemaren liat liputannya di anteve tapi ga jelas infonya... thank you ;-)

Puji Syukur ke hadirat Mu ya Allah

Ya Allah,
Kupanjatkan puji syukur ke hadiratMu
Atas berkat, rahmat dan hidayahMu
Karna Engkau telah menyembuhkan
Semua penyakit yang diderita bapakku
Segalanya kuserahkan ke dalam tanganMu
Karna aku yakin dan percaya
Engkau akan memberikan yg terbaik bagi umatMu
Jangan ambil cintaMu padaKu
Aku ingin selalu berada disisimu
Jadikanlah aku hambaMu yang penuh manfaat
Amin

Thursday, March 18, 2004

Sedih + Seneng

Sedih euy ditinggal ibu. Rumah dah kek kapal pecah. Kelaperan. Pokoknya bener2 menyedihkan. Baru berasa deh gw ga bisa jauh dari ibu. Cucian dan setrikaan numpuk. Wuuuuuuuuaaaaaaaaaah. Pengen teriak deh gw.
Tapi gw seneng karna setiap hari kondisi bokap semakin membaik. Alhamdulillah.......
Semoga bapak cepet sembuh, biar bisa kumpul lagi di rumah.

Tuesday, March 16, 2004

Thanx buat doa dan supportnya

Dari lubuk hati yang paling dalam
Kuucapkan beribu2 terima kasih
Atas support dan doa
Teman2 semua
Atas masalah yang sedang kualami
Aku tak bisa membalas kebaikan kalian
Aku hanya bisa berdoa dan memohon kepada Allah SWT
Agar doa kalian dikabulkan, amin

Monday, March 15, 2004

Kabulkan doaku Ya Allah

Ya Allah,
Ampuni segala dosa kedua orang tuaku
Sembuhkanlah segala penyakit yang mereka derita
Mudahkanlah segala urusan mereka
Baik di dunia maupun di akhirat kelak
Bimbinglah mereka agar selalu berada di jalan MU
Lindungilah mereka
Ya Rabb,
Segalanya kuserahkan padaMu
Aku yakin dan percaya
Engkau akan memberikan yang terbaik pada umatMU
Jangan ambil cintaMu dariku
Aku ingin selalu berada di sisiMu
Jadikanlah aku hambamu yang penuh manfaat
Robbana 'atina fidunnia hasannah wafil 'akhirati hassanah wakina 'azabannaar. amin

Friday, March 12, 2004

Belajar Bikin Spagheti di kantor

Hari ini di kantor ada acara masak2. Rencananya sih dah lama, tapi baru kesampean sekarang. Di tempat gw ceweknya 5 orang, 1 orang Ibu2 yg memberikan komando. 1 orang lagi penganten baru dan yg 3 orang termasuk gw calon penganten baru hehhee :D. Rencananya menu yg dimasak Spagheti. Pagi2 gw dapet tugas belanja berdua temen gw. Kebetulan kantor gw deket pasar mayestik. Pergi Belanja jam 1/2 8 trus sampe kantor lagi jam 8.10. Pas jam 11 siang sebelum yg cowo pada pergi sholat jum'at, si Ibu ngasih komando ke gw. Trus gw mulai dg ngupas bawang bombay, sampe nangis bombay bo! :P Yg ngiris2 temen gw yg penganten baru itu. Trus si Ibu nyiapin yg laennya. Ya selanjutnya dimulailah masak2nya. Kita bener2 kek pramuka, pake alat seadanya. Maklum aja deh namanya juga dapur kantor. Jam 1 siang yg jum'atan dah pada pulang, akhirnya spagheti mateng juga. Akhirnya kita self service..... Wuuuuaaaaaaah nikmatnya luar biasa. Rasanya ga kalah kek spagheti yg di restoran2 deh. Dan rencananya tiap jum'at akan ada acara masak bersama lagi.... hmmmmm, lumayan sekalian belajar masak..... ;)

Thursday, March 11, 2004

Salahkah?????

Tadi pagi ibu bilang, "Nda doain bapak ya biar cepet sembuh! Besok bapak mau dibawa ke Sukabumi untuk menjalani perawatan. Kemarin adik2nya bapak dateng dan mereka yg akan bawa kesana.

Bapak emang dari dulu sering sakit2an. Tiap bulan pasti ada aja yg dikeluhin. Dan yg terparah setelah lebaran kemarin. Kedua kakinya bengkak. Dia pikir rematik or asam urat, ternyata pas ke dokter dibilang kalo jantungnya bengkak. Bapak sempet jalanin
perawatan 1/2 hari di RS trus dia minta pulang. Waktu bapak ke RS ga bilang sama ibu, jadi ibu khawatir banget.

Bapak ga pernah mau mantang makanan. Dan yg paling gw sebel, kalo ada orang bilang minum obat ini, dia pasti langsung beli. Ya sebagian uang pensiun bapak buat beli obat untuk dirinya.

Gw gak suka sama sikap bapak bahkan bisa dibilang gw benci sama sikap bapak yg memanjakan penyakit. Gw adalah salah satu anak yg mungkin ga peduli sama bapak. Karna sikap bapak selama ini.

Dari kecil gw ga pernah merasakan kebahagiaan. 4 orang kakak gw sempat merasakan kejayaan bapak, tapi gw sama adik gw ga merasakan hal itu. Sampe2 untuk biaya pendidikan gw sama adik, bapak berat sekali untuk mengeluarkannya. Dari SD gw mengalami hal itu, dan sejak itu gw bertekad untuk bekerja setelah lulus sekolah.

Gw mutusin untuk masuk sekolah kejuruan, karna kalo masuk SMA mesti melanjutkan kuliah. Dan menurut gw setelah lulus dari sekolah kejuruan bisa langsung kerja. Gw niat kerja karna ingin membahagiakan ibu dan adik gw. Alhamdulillah, Allah mengabulkan doa gw. Walau gw yakin sampe sekarang gw blom bisa bahagiain mereka. Tapi gw selalu berusaha untuk melakukan dan memberikan yg terbaik untuk orang2 disekitar dan terutama untuk orang2 yg gw sayangi.

Dari pengalaman itu gw ngambil kesimpulan dan mematok harga mati untuk kriteria cowo yg akan jadi pendamping hidup gw. Yg bisa dibilang terlalu perfeksionis. Gw berharap punya suami yg bener2 bertanggung jawab, selalu memberikan dan bertindak yg terbaik untuk keluarga, ga akan bikin istri dan anaknya menderita dan yg terpenting akhlaknya harus baik. Sampe saat ini gw sering ga peduli sama bapak bahkan bisa dibilang benci. Dan sempet gw tanya ke ibu, "bu... kok dulu mau sih sama bapak????" Ibu cuma tersenyum aja. Salahkah sikap gw selama ini??????

Monday, March 08, 2004

Menjaga otak selalu fit

Menjadi pikun adalah proses alami yg dapat terjadi pada setiap manusia yang berumur panjang. Namun dewasa ini banyak terlihat penurunan daya ingat otak atau pikun di usia dini. Padahal penurunan memory dalam otak itu umumnya menimpa mereka yang memasuki usia 50 tahunan.

Pada usia 1/2 abad itu terjadi penyusutan kadar air dalam otak. Untuk itu kita perlu agar otak tetap terjaga, dengan banyak mengkonsumsi vit E dan C serta tetap menjalankan aktifitas yang berkaitan erat dengan kualitas fungsi otak.

Penurunan daya ingat bisa terjadi karna kurangnya daya konsenstrasi. Kalau sifat pelupa diartikan pikun, sepertinya berkaitan dengan fungsi luhur yang mulai menurun, yang meliputi daya pikir, daya ingat, kemampuan menilai, berbahasa, berkomunikasi, dll.

Menurut seorang spesialis saraf, kalau dalam otaknya tersimpan berbagai masalah yang perlu diselesaikan sehingga lupa melakukan banyak hal, itu dibilang masih normal bukan gejala penurunan daya ingat, tapi hanya kurang konsentrasi. Menjadi pikun itu ada prosesnya yg disebut MCI (Mild Cognitive Impairment) hal ini kalau tidak dijaga dapat menjurus terjadinya pikun.

Sebelum memasuki fase MCI, disarankan agar kita melakukan primary prevention. Seperti: makan seimbang, berhenti merokok, hindari minum beralkohol, berolah raga teratur, menghindari stress serta cukup berekreasi.

Selain itu untuk menjaga penurunan daya ingat, disarankan banyak mengkonsumsi makanan sumber vit B12 seperti daging tanpa lemak, hati, susu, keju, telur. Asam Solfat yg terdapat pada sayuran segar hijau, hati, daging tanpa lemak. Vit B6 yg terdapat pada: daging, ikan, sayur mayur, ragi, beras, susu, kacang tanah, kacang-kacangan. Juga Vit C seperti: sayuran hijau tua, kuning atau merah; buah2an seperti: jambu klutuk, jeruk, tomat.

Thank you

Tadi pagi sampe kantor di meja gw ada bungkusan. Hmmmm oleh2 dari Bandung euy. Thanx ya jauh2 dari Bandung dah nyempetin mampir ke kantor bawa oleh2. Sebenernya sih pengen ketemu tapi waktunya mepet sih. Lain kali kalo ke jakarta jangan PP donk, nginep gitu biar bisa ketemu. Btw, thanx a lot.

Oh iya, thanx juga buat Ibu Syl, Echa dan teman2 lain yg dah kasih masukan ttg color shoutboxnya. Sekarang dah aku ganti. Moga2 dah matching sekarang. Thank you all ;)

Friday, March 05, 2004

Thank you

kemaren kau bilang
ga bisa jemput
kau juga bilang
ga masuk kuliah
karna masih ada kerjaan
yg harus diselesaikan

aku ga nyangka
kalo kau akan datang
ke kampus
hanya untuk
menjemputku
padahal aku tau
kau pasti capek
duuuuh....
senengnya
makasih ya....
mwuuuaaaah....
mwuuuaaah.... ;)

Thursday, March 04, 2004

JaIm????

Lin, gw sebel banget deh sama elo
kenapa sih sekarang elo jaim banget
biasa aja lagi!!!!


jaim??? masa sih *???????#$@*
gw biasa aja kok

iiiiih beneran deh
lo tuh sekarang jaim banget
lo malu ya????
cuek aja lagi!


masa sih???*@#$*
sori deeeeh
sori banget....

kok ga dikenalin sih????
dia malu ya???


iya tuh
dia masih malu
ntar deh gw kenalin.....

itulah sedikit rentetan tembakan dari salah satu sohib gw setelah bubaran kuliah semalem atas tingkah gw yg menurutnya berubah setelah deket sama seseorang.
sebenernya gw bukan jaim, gw juga ga malu. tapi untuk saat ini gw masih blom mau or blom siap ngasih tau ke kalian kalo gw lagi deket sama seseorang. alasannya kenapa??? gw juga ga tau.... yg pasti sekarang lo udah tau kan orang yg lagi deket sama gw......... sori ya kalo sikap gw jadi aneh gitu... sori banget.....!

Tuesday, March 02, 2004

My Fairy Name

Abis dari tempat amma trus ada quiz ttg Fairy Name dan gw coba ternyata my Fairy Name is Sprakling Heaven and Fairy Namenya someone special is Armahalma - royal throne, the fairy name of my bestfriend:Ekerlin = Serene moon, Arin = Glittering water, Iin = Manwen, Iek-iek = Angren - of iron, so what the meaning??? trus ikutan quiznya kok hasilnya sama ya kek amma hehee :D



I took this quiz at nymphaea.org.

Monday, March 01, 2004

Nonton bareng anak2 blogger

Sabtu kemaren gw nonton Cheeper by the dozen bareng Iin, Kris & Ika, Gretan, Ira, Ina, aR!o, Prazz.
Rencananya kumpul jam 12.00, gw dateng jam 12.30 blom ada 1 makhlukpun yg dateng. Dan ga jelas siapa aja yg bakal ikut nonton. Hmmmm bete juga gw nungguin mereka. Trus sekitar jam satuan, kris tlp gw trus si iin sms gw, mereka bilang dah sampe. Akhirnya dateng juga, kirain ga jadi. Trus kita sempet beli minum dulu di Solaria, satu per satu mereka akhirnya dateng. Gretan bareng sama Prazz trus dateng aR!o disusul Ira yg dateng bareng Ina. Pas dah kumpul semua, kita baru ke 21 (kira2 jam 3-an). Ternyata Filmnya main jam 4. Hmmmm akhirnya kita ke Time Zone dulu. Disana Gw, Ika sama Gretan ke fotobox.... lumayan buat dokumentasi. Trus sempet nemenin Gretan, Ira, Ina, aR!o beli ice cream. Abis itu ke 21 lagi. Sampe di atas, ga ada bangku kosong. Trus kita pada berdiri sambil cengengesan. Dan sempet ambil foto trus ditegor sama securitynya.. hehhee :D sirik ya pak ga diajak foto. Akhirnya kita duduk lesehan di pojokan 21. Duuuh pokoknya pada gokil semua... ketawa sampe pipi gw pegel. Kita pikir filmnya bener2 akan mengocok perut, ternyata biasa aja. Trus selesai nonton, si Amma ngasih tau Ira kalo dia ada di lobby 21, trus Ira sama Ina langsung ke lobby nemuin Amma. Akhirnya ketemuan juga sama Amma. Abis itu kita langsung ke bawah. Rencananya sih mo ambil dokumentasi terakhir di depan Blok M Plasa sebelum pisah. Pas dah ambil posisi trus dah pada beraksi, ternyata kameranya nda bisa. Eeeeeeehh..... ga taunya baterenya abis. Yaaaaaaaaaa.... dah beraksi ternyata ga jadi. Trus si Kris sama Ika pamitan karna masih ada acara lain sama nyokapnya. Gw sama Iin nyusul pamitan dan ninggalin mereka. Thanx guys ..............