Monday, March 08, 2004

Menjaga otak selalu fit

Menjadi pikun adalah proses alami yg dapat terjadi pada setiap manusia yang berumur panjang. Namun dewasa ini banyak terlihat penurunan daya ingat otak atau pikun di usia dini. Padahal penurunan memory dalam otak itu umumnya menimpa mereka yang memasuki usia 50 tahunan.

Pada usia 1/2 abad itu terjadi penyusutan kadar air dalam otak. Untuk itu kita perlu agar otak tetap terjaga, dengan banyak mengkonsumsi vit E dan C serta tetap menjalankan aktifitas yang berkaitan erat dengan kualitas fungsi otak.

Penurunan daya ingat bisa terjadi karna kurangnya daya konsenstrasi. Kalau sifat pelupa diartikan pikun, sepertinya berkaitan dengan fungsi luhur yang mulai menurun, yang meliputi daya pikir, daya ingat, kemampuan menilai, berbahasa, berkomunikasi, dll.

Menurut seorang spesialis saraf, kalau dalam otaknya tersimpan berbagai masalah yang perlu diselesaikan sehingga lupa melakukan banyak hal, itu dibilang masih normal bukan gejala penurunan daya ingat, tapi hanya kurang konsentrasi. Menjadi pikun itu ada prosesnya yg disebut MCI (Mild Cognitive Impairment) hal ini kalau tidak dijaga dapat menjurus terjadinya pikun.

Sebelum memasuki fase MCI, disarankan agar kita melakukan primary prevention. Seperti: makan seimbang, berhenti merokok, hindari minum beralkohol, berolah raga teratur, menghindari stress serta cukup berekreasi.

Selain itu untuk menjaga penurunan daya ingat, disarankan banyak mengkonsumsi makanan sumber vit B12 seperti daging tanpa lemak, hati, susu, keju, telur. Asam Solfat yg terdapat pada sayuran segar hijau, hati, daging tanpa lemak. Vit B6 yg terdapat pada: daging, ikan, sayur mayur, ragi, beras, susu, kacang tanah, kacang-kacangan. Juga Vit C seperti: sayuran hijau tua, kuning atau merah; buah2an seperti: jambu klutuk, jeruk, tomat.

0 comments: