Sunday, December 16, 2007

Senyum Mereka, Bahagia Kami

Di ultahnya yg ke-4, kali ini Blogfam mengadakan kegiatan sosial dengan mengunjungi Panti Wreda Bina Mulya yang beralamat di Jl. Raya Bina Marga RT. 007/06 No. 58, Cipayung - Jakarta Timur.

Pengumpulan dana dimulai dari tanggal 23 November dan berakhir hari Jum'at tgl 14 Desember. Alhamdulillah kami berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 5.530.000,- dari para donatur yang berhati mulia. Padahal budget yang kami anggarkan sebesar Rp. 4.000.000,-. Dari hasil pengumpulan dana itu kami belikan:

- 111 parcel yang isinya: handuk, pasta gigi, sikat gigi, sabun mandi, shampoo, bedak gatal dan minyak angin
- 10 pak pampers
- 5 dus aqua gelas
- 1 box alat-alat kebersihan
- 125 lunch box (100 box utk penghuni panti dan 25 box utk pengurus panti)
- 100 pcs buah jeruk

Selain yang disebutkan diatas, ada juga beberapa rekan Blogfam yang menyumbangkan selain uang cash, seperti:
- 160 pcs kue lumpur dari mbak Novrina
- 3 buah daseter dari mbak Donna (Primadona Angela)
- 200 pcs snack dari Teeya

Penghuni panti disana berasal dari razia trantib. Mereka diseleksi lagi, bagi yang terganggu jiwanya dipisahkan di panti yang lainnya. Sedangkan bagi yang sedang sakit, dirawat di rumah sakit. Disana terdapat 100 orang penghuni panti yang berusia mulai dari 60 tahun. Mayoritas penghuni panti perempuan. Dan mereka diurus oleh 31 orang pengurus panti.

Sabtu pagi biasanya habis subuh aku tidur lagi dan bangun jam 8 lalu mulai aktivitas bersih-bersih rumah. Tapi kemaren tgl 15 Desember 2007 sehabis sholat subuh aku langsung siap-siap untuk meluncur ke RS Internasional Bintaro. Rencananya aku mau nebeng mbak Kiky untuk ikutan acara HUT Blogfam yang ke-4. Berangkat dari rumah jam 08.30 WIB, langsung meluncur naek ojek langganan dan sekitar jam 08.55 WIB dah sampe di RSIB. Aku beritahu mbak Kiky keberadaanku disana. Ternyata mbak Kiky memintaku meluncur ke rumah ibu mertuanya di daerah Rajawali. Aku nekad naek angkot dan sempat tanya ibu penjaja sayur keliling. Soalnya baru pertama kali ke daerah Rajawali, alhamdulillah sampe juga di rumah nan megah bercat kuning.

Mbak Ky pergi bersama Kezia, Kevin dan penjaganya. Sekitar jam 09.30 WIB kami meluncur langsung masuk tol menuju lokasi. Di pertengahan jalan mbak De telp mbak Ky minta dibelikan 3 dus Aqua gelas. Akhirnya mbak Ky memutar balik mobilnya menuju mini market terdekat. Setelah itu kami kembali menuju lokasi. Gak lama sebuah mobil hitam memasuki halaman parkir panti. Ternyata mbak De, mas Guh, Fayra dan pengasuhnya yang datang. Disusul rombongan dari Bekasi (mbak Indjul, mbak Dahlia, mbak Dini, Teeya, Menik dan satu lagi lupa namanya) datang begitupula dengan mas Yudhi yg naek motor. Kami langsung bergegas masuk ke panti dan kami disambut oleh penghuni dan pengurus panti.

Acara diawali dengan sambutan dari pengurus panti. Disusul sambutan dari mbak De selaku ketua dalam acara HUT BLOGFAM yang ke-4. Kemudian aku didaulat mbak De untuk memimpin doa. Dan kemeriahan itu dimulai ketika mbak Dahlia mengajak para penghuni panti menyanyikan lagu SELAMAT ULANG TAHUN. Kemudian potong kue dan pembagian parcel serta lunch box dan paket lainnya.

Ternyata di usia yang tak lagi muda, para penghuni panti itu senang bernyanyi dan dan berjoget ria. Haru, bahagia dan terenyuh melihat para penghuni panti. Aku berusaha untuk menahan agar air mata ini tak pecah. Takut merusak suasana. Tapi ada beberapa rekan Blogfam yang tak mampu menahan air matanya.

Setelah acara di aula selesai, kami berkeliling menuju barak membagikan hasil donasi yang berhasil kami kumpulkan ke setiap penghuni panti. Banyak dari penghuni panti yang sudah tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Ada yang tidak bisa melihat lagi, ada yang pendengarannya terganggu, ada yang kelakuannya sudah seperti anak kecil lagi dan ada pula yang melakukan segalanya diatas tempat tidur tentu saja dengan bantuan pengurus panti.

Air mata ini akhirnya pecah juga, ketika memasuki barak yang isinya para penghuni panti yang sudah melakukan segalanya diatas tempat tidur tentu saja dengan bantuan pengurus panti, teringat dengan mendiang almarhumah mbah *hiks... hiks...* Mereka bahagia sekali, ketika kami mengunjungi barak. Subhanallah... Allahu akbar.
"mbah ini jeruknya"
"Alhamdulillah makasih ya nak, maafin nenek gak bisa ikut gabung di aula. Karna nenek lagi kurang sehat. Kebetulan nak, nenek lagi kepengen makan jeruk."
Allahu akbar, seketika itu pula air mata ini pecah mendengarnya. Kucium dan kupeluk nenek itu seraya berkata "cepet sembuh ya nek"Setelah selesai mengunjungi barak, kami pun memuaskan rasa lapar yang mendera dengan lunchbox buatan mbak Novrina. Acara dilanjutkan dengan serah terima hasil donasi beruba barang dan uang tunai kepada pengurus panti. Serah terima diwakilkan oleh mbak De dan mbak Indjul. Acara diakhiri dengan foto bersama pengurus panti.Kemudian kami meluncur ke Mesjid At-Tin untuk sholat dzuhur dan juga copas foto-foto dari para fotografer.
Dari lubuk hati yang terdalam saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada para donatur yang berhati mulia membuat penghuni panti tersenyum bahagia. Juga kepada Blogfamous dan panitia. Semoga Allah membalas apa yang telah kalian perbuat. Memudahkan dan melancarkan segala urusan kalian. Melapangkan jalan riski kalian. Senantiasa memberikan keberkahan di setiap hembusan nafas kalian. Mengabulkan semua doa kalian. Dan bagi yang belum berjodoh, semoga Allah segera mempertemukannya dengan jodoh terbaik pilihanNYA. amin amin Allahuamma amin.

Dan foto lengkapnya bisa diliat disini.

0 comments: