Monday, March 07, 2005

Sari Buah Merah

Ternyata banyak yang gak tau tentang Minyak Buah Merah atau Sari Buah Merah. Ini Linda tampilin artikelnya dan untuk info lebih lanjut bisa klik disini

Buah merah dengan nama latin Pandanus conoideus merupakan tumbuhan sejenis pandan khas Papua. Masyarakat Papua menyebut tumbuhan ini buah merah sedangkan masyarakat Wamena menyebutnya kuanus. Buah merah ini bermanfaat dalam penyembuhan kanker, kebutaan, serangan jantung, dan sejumlah penyakit lain. Buah ini biasanya tumbuh pada ketinggian 1.000-3.000 meter di atas permukaan laut, bentuk buahnya seperti nangka dengan panjang sampai 1,5 meter. Buah ini dapat ditemukan di hutan-hutan di seluruh Papua, namun paling banyak terdapat di Jayawijaya dan Ayamaru, Sorong.

Pada tahun 1998, seorang dosen Fakultas MIPA Uncen bernama I Made Budi, melakukan penelitian terhadap buah merah dan berhasil membuat buah merah ini berguna bagi banyak orang antara lain untuk mengobati kanker, tumor, endometriosis, sakit mata, bercak di paru-paru pada anak-anak, asam urat, jantung, dan penyakit modern lain.

Juga dari bahan tesis dan penelitian yang mendalam, I Made Budi percaya bahwa buah ini memberi harapan besar bagi pengidap HIV/AIDS.

Pada awal tahun 2004 sebuah lembaga nonpemerintah (lembaga swadaya masyarakat) yang menangani kesehatan masyarakat Papua datang mendampingi seorang pengidap HIV/AIDS, berumur 22 tahun. Pengidap penyakit HIV ini datang dengan rasa putus asa.

0 comments: