Friday, July 20, 2007

Buah Berformalin

Setelah makanan (tahu, bakso, mie, dll) dan ikan berformalin, masih ada bahaya formalin yang terkandung dalam buah yang mengancam kita. Beberapa hari yang lalu liat liputan REPORTASE TRANSTV tentang buah berformalin. Buah Berformalin ini sudah merambah sampai ke pasar swalayan bahkan swalayan yang khusus memasarkan buah-buahan. Alasan pedagang memakai formalin pada buah ini, agar buah tidak mudah rusak/busuk.

Formalin umumnya mengandung Formaldehid 37% dan Metil Alkohol 10-15 % Formaldehid jika dikonsumsi dapat merusak hati, ginjal, limpa, pancreas, otak dan menimbulkan kanker dalam jangka panjang terutama kanker hidung.Dapat menimbulkan vertigo dan persaaan mual dan muntah.

Metil Alkohol jika dikonsumsi dapat menyebabkan kebutaan, kerusakan hati dan saraf dan menimbulkan kanker pada keturunan selajutnya. *info*


Cara paling mudah untuk mengetahui buah itu berformalin atau tidak, yaitu jika batang buah sudah layu tetapi kulit buah masih segar. Kemarin sempat menyambangi salah satu swalayan terbesar di Jakarta. Dan aku melihat sendiri di bagian buah Pear dg kondisi batang buah sudah layu tapi buahnya masih segar. Sayang aku gak bawa digicam, dan aku juga gak berani utk mengambil gambar. Cuma mau membuktikan aja bahwa ternyata memang benar ada buah yang berformalin. Iiiiiiiiiiiiiiih seram.

Nah cara untuk menghindari formalin, saat memakan buah seperti apel atau pear sebaiknya dikupas dulu kulitnya. Yang lebih aman lagi sih nanem sendiri. ;)

Moga-moga hal seperti ini bisa segera ditindak oleh pemerintah. Agar tak ada lagi makanan yang mengandung formalin.

0 comments: