Wednesday, July 04, 2007

Ketidak Ramahan Pengendara Motor

Di jalan raya saat ini aku perhatikan jumlah pengendara motor lebih banyak dari mobil. Kadang hal tersebut membuat para pengendara motor mengambil jalur yang bukan seharusnya. Seringkali kulihat mereka dengan seenaknya menggunakan trotoar. Padahal trotoar itu adalah tempat para pejalan kaki. Selain trotoar para pengendara motor juga sering melawan arah.

Kondisi seperti itu seringkali menimbulkan kecelakaan. Seperti yang dialami seorang sahabat waktu hari Minggu tgl 1 Juli 2007. Sahabatku ini ditabrak oleh macan yang melaju melawan arah dengan kecepatan tinggi, saat akan menyebrang. Kejadian tersebut membuatku semakin geram dengan pengendara motor yang semakin liar. Setelah kejadian itu, tak jarang yang mengatakan bahwa yang menyebrang jalan gak nengok kanan kiri. Siapa bilang gak nengok kanan kiri? Setalah aku dan Zun melihat kiri kosong, dg reflek kami menengok ke kanan dan macan itu dah menabrak Zun dg kencangnya.

Belum lagi saat melihat para sembalap liar yang dengan semena-mena mengendarai motor. Apa mereka tidak memperhatikan keselamatan dirinya? Lalu bagaimana dengan keselamatan orang lain? Semakin sepi jalanan, semakin liar para pengguna motor. Jangankan dalam kondisi sepi, dalam kondisi yang macet stuck aja tak jarang yang melajukan motornya dg kecepatan tinggi di jalur yang berlawanan.

Waktu Sabtu kemaren, aku mengubah trek bersepeda. Biasanya aku hanya keliling kampung, tapi kemaren aku melaju ke arah jalan raya. Kupikir hari libur kerja nih, kebetulan juga libur sekolah pasti sepi donk. Ternyata oh ternyata para pengendara motor itu semakin liar dan teramat sangat tidak ramah baik pada pengendara mobil, pejalan kaki, maupun aku yg sedang bersepeda. Pfiiuuuuuuuuuuuuuh...

Tak jarang aku melihat para pengendara motor yang masih belajar dan melaju di jalan raya. Untuk semua pengendara motor liar di jalan raya, aku selalu bilang bahwa mereka punya nyawa dobel. Kenapa begitu? Buktinya mereka gak peduli sama keselamatan dirinya sendiri. Seringkali saat aku nyebrang jalan, para pengendara mobil sudah berhenti, tapi pengendara motor bisa muncul dari arah yg tidak kita duga. Dan mereka sepertinya pelit memberi jalan untuk orang lain. Aku selalu pasang badan kalo nyebrang jalan, karna banyak pengendara motor yg gak mau berhenti dan malah melajukan motornya dg kecepatan tinggi. Seharusnya ada tindakan tegas dari petugas yang berwenang agar kondisi seperti ini tak terjadi lagi.

0 comments: