Friday, September 20, 2013

Tradisi Membawa Bekal Makan Siang

Sejak saya sekolah di bangku SMEA, ibu selalu membiasakan saya membawa bekal makan siang untuk ke sekolah. Hal tersebut awalnya untuk menghemat pengeluaran alias uang saku saya. Karena penghasilan bapak (sebelum beliau meninggal) sebagai seorang pensiunan PNS yang harus menghidupi 6 orang anaknya harus benar-benar bisa berhemat.

Bekal Makan Siang Sederhana tapi Sehat



Sumber: pbase.com & masakan-masakanindonesia.blogspot.com

Awalnya saya malu bawa bekal makan siang ke sekolah, tapi ternyata di sekolah saya banyak teman yang juga bawa bekal makan siang dari rumah. Alasan mereka malas turun ke kantin (karena kelas kami di lantai 2). Alhamdulillah sejak itu saya tidak pernah absen membawa bekal masakan ibu, walau hanya dengan lauk seadanya. Menu favorit yang sering menjadi bekal saya adalah telur, tempe dan sayur tumisan.

Sumber: mencobamasakan.com

Kadang telurnya digoreng mata sapi (ceplok), terkadang di dadar bersama irisan daun bawang dicampur dengan irisan bawang bombay dan irisan cabe merah, kadang dibikin martabak mie. Atau juga tempe goreng tepun atau tempe goreng biasa. Tumisannya ganti-ganti sesuai dengan menu yang ibu masak hari itu.

Hingga saya memasuki dunia kerjapun masih tetap membawa bekal dari rumah. Alasannya selain hemat pengeluaran, juga lebih sehat dan tidak terlalu makan waktu lama untuk membeli makan siang. Jadi bisa segera kembali menyelesaikan pekerjaan.

Sunco Minyak Goreng Chef Sehat



sumber: minyakgorengsunco.com

Sejak pertama kali melihat penampilan Chef Juna sebagai juri Masterchef Indonesia, saya langsung mengidolakan Chef Juna. Makanya saya langsung pake minyak goreng Sunco. Selain itu Sunco memiliki beberapa keunggulan yaitu: * Warna minyaknya bening karena melalui 5 tahapan (3x proses penyaringan & 2x proses pemurnian). Sunco terbuat dari kelapa sawit yang segar.
* Sunco bisa diminum. Memang minyak goreng tidak untuk diminum, tapi untuk membuktikan kualitas minyak goreng yang baik dengan uji organoleptic yaitu dimasukkan dan dirasakan di rongga mulut. Artinya sifat & karakter minyak Sunco seperti air, tidak lekat atau berbau.
* Sunco tidak mudah beku pada suhu rendah karena dibuat dari buah kelapa sawit segar yang langsung diolah tidak lebih dari 24 jam sehingga meminimalkan peningkatan kolesterol.

Sunco juga merupakan minyak goreng pertama dengan Fortifikasi Vit A dari Jerman. Vit A tidak hilang pada waktu dipanaskan. Vit A yang ada berfungsi meningkatkan imunitas tubuh sehingga mencegah terkena penyakit.

Jadi kenapa harus pakai minyak goreng lain kalau Sunco sudah terbukti lebih baik.

Kebiasan baik dan sehat berawal dari rumah, karena sekolah pertama itu adalah rumah. Jangan pernah malu bawa bekal makan siang dari rumah, karena itu lebih hemat dan juga lebih sehat karena diolah dengan cara dan bahan yang tepat.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.resepsehat.com persembahan SunCo Minyak Goreng Yang Baik. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan.

3 comments:

Tuteh said...

Tradisi membawa bekal makan siang... dulu saya sering juga bawa bekal tapi keseringan inget bekal ketimbang belajar di kelas wahahahah :D

Ragil Duta said...

sampe sekarang aku lebih suka bawa bekal. Cuma males nyiapinnya aja :D

Linda said...

@Tuteh: hahahaha bisa begitu ya kakak :D

@masRagil: ho ho ho kan ada yg nyiapin atuh mas :D