Tuesday, September 24, 2013

Menjelajah Di Pasar Anyar - Bogor

Sepertinya judule terlalu gimana gitu ya, kalau menjelajah kan mestinya setiap sudut tidak terlewati ya hehehe. Nggak apa-apa deh pake kata menjelajah ya.

Jagi begini ceritanya, sejak berkhitmad di Daarul Multazam saya mendapat tugas setiap hari Senin dan Kamis untuk berbelanja kebutuhan Santri. Kenapa mesti hari Senin & Kamis? Kayak puasa sunnah aja. Ho oh emang sengaja diambil pas hari Santri pada puasa sunnah. Karena salah satu DaMu Habbits adalah puasa Senin & Kamis.

Berhubung saya bukan orang asli Bogor, jadi waktu awal belanja sudah pasti banyak tanya sama Bos, istrinya Bos, teman sekantor & ibu kost. Untuk kebutuhan dapur santri, saya belanja di Pasar Anyar. Dua kali belanja di Pasar Anyar, saya merasa kesal karena barang yang dijual kok yao nggak bisa ditawar. Beda banget ketika saya belanja di Pasar Jakarta. Apalagi di Pasar Malam yang rutin diadakan setiap Sabtu Malam di dekat tempat tinggal saya di Jakarta. Saya sudah punya langganan bunda penjual sayur di Pasar Malam.

Hmmmmmm..... apa karena saya orang pendatang jadi harganya ditembak? Pfiuuuuuh..... Akhirnya saya memutuskan untuk belanja di bagian dalam gedung, karena sebelumnya saya belanja di sepanjang pelataran halaman Pasar Anyar (apa ya sebutannya?) Pas belanja di bagian dalam gedung, disana baru bisa harganya ditawar. Setiap nawar saya bilang "untuk santri loh mang." Kenapa sih mesti bawa-bawa santri? Loh, Rasulullah SAW kan menyukai ibadah yang berjamah. Sholat berjama'ah aja pahalanya 27 derajat lebih tinggi dari sholat sendirian.

Saya hanya ingin mengajak para pedagang di Pasar Anyar untuk ikut bersedekah paling nggak dengan menurunkan harga jualnya. Lumayan kan kalau dikurangi Rp. 1.000,- setiap item sayuran dan bumbu dapur yang saya beli. Saya bisa lebih berhemat untuk pengeluaran Santri juga. Siapa tau para pedagang disana ada yang mau jadi donatur tetapnya DaMu. Aamiin.

Saya ingat banget pesan bapak kost melalui istrinya "belanja jangan di mall, lebih baik di pasar tradisional. Berbagi rejeki sama rakyat kecil lebih nikmat." Subhanallahu, makasih pesannya om.

Tapi untuk kebutuhan daging, ayam, ikan, telur, pasta gigi, sabun mandi, shampoo, pengharum ruangan, detergen, minyak goreng, kecap, tepung terigu, bumbu halus, handuk, dll, saya beli kalau nggak di ADA Swalayan ya di Yogya Swalayan. Kalau di ADA Swalayan, beli lebih dari 3 pcs item yang sama, harganya lebih murah.

Mungkin ada teman-teman yang tau tempat belanja lebih murah lagi di Bogor? Boleh dong diinfoin. Saya senang belanja di Pasar Anyar karena nggak bau. Pernah sekali saya mencoba masuk ke pasar TU (pasar Induk) yang dekat ke Salabenda. Ya Allah, nggak nahan bow. Bau banget. Bau jengkol busuk gitu. Hmmmmm.... langsung deh saya putar balik ke Pasar Anyar. Ya namanya pasar pasti bau, nggak juga. Harusnya walau di pasar tradisional bisa menjaga kebersihan biar nggak bau dan bikin nyaman para pembelinya.

Oke deh selamat berbelanja ya temans, kalau belanja jangan lupa baca doa biar dipertemukan dengan pedagang-pedagang jujur yang baik hati. Jangan lupa dicatat apa yang mau dibeli, jangan sampai lapar mata. Kalau saya nggak mungkin lapar mata, wong belanjanya pake uang kantor euy. Paling lapar mata nggak nahan lihat jajan pasar dan buah-buahan, ya resiko deh mesti banyak jajan kalo lagi pas ke pasar hehehehe.

Foto sumber: pikiran rakyat online & sentana online

2 comments:

RD. Rengganis said...

Waw Mbak Linda... mau dong diajak ke pasarnya. Aku pernah tuh ke pasar anyer... tapi bukan cari sayur melainkan kerudung. Itupun karena dulu aku pondok di daerah Parung Bogor. Udah lama juga nggak ke pasar anyer.

Aku juga lebih suka belanja di pasar tradisonal Mbak. Selain interaksi dengan pedagannya juga bisa menambah inspirasi harganya juga miring. hehehe

Kangen Mbak Linda...

Linda said...

@Reisa: hayuk belanja bareng, jadi nostalgia waktu jadi "Pejuang Nasi Bungkus ya say, saat pertama kali kita ketemu & langsung jadi team yg solid.

Wah baru tau nih tempat beli kerudung di sebelah mana? bukannya di BTM ya hehehe.

Miss you too say jg sama Pejuang Nasi Bungkus lainnya ;)