Thursday, November 10, 2011

Susahnya Nyari Ojeg Langganan


Sejak kembali ke rumah alias nggak jadi anak kos lagi, aku memutuskan untuk langganan ojeg. Nggak gampang mencari ojeg langganan di daerah rumahku.

Tukang Ojeg langganan di sekitar rumah terbatas jumlahnya, hanya ada 5 orang tapi sayang sekarang tinggal 4. Karena yang satu sudah beberapa bulan meninggal dunia. Padahal beliau paling nyaman dan sabar jika membawa penumpangnya. Keluargaku salah satu pelanggan tetapnya. Kami biasa memanggilnya pakdeh, semoga pakdeh sudah bahagia di sisiNya. aamiin

Nah 4 ojeg lain yang tersisa juga tidak bisa dijadikan langganan. Yang 2 kebanyakan penumpang, jadi aku nggak kebagian waktu. Yang 1 nggak punya SIM, jadi nggak berani ngantar keluar kampung. Yang 1 lagi, matrenya bukan kepalang. Sudah ku blacklist tuh orang dan gak akan pernah ngojeg sama dia kalo gak terpaksa banget.

Akhirnya nyari tukang ojeg dari luar kawasan yang jaraknya nggak terlalu jauh. Kebanyakan tukang ojeg nggak punya SIM, jadi nggak berani bawa penumpang jauh-jauh.

Dengan sangat terpaksa dapat tukang ojeg pertama yang aku tidak kenal, tapi dia kenal dengan adikku. Tukang ojeg ini ajaib orangnya. Usianya sekitar 50 tahun, kalau bawa motor suka nyruduk-nyruduk. Beberapa kali aku hampir nge-geblak ke belakang karena hobinya ngerem mendadak. Beberapa kali nyenggol motor di depannya, dan tak pernah meminta maaf sama yang disenggol. Tak jarang main salip aja dari kanan ke kiri tanpa perduli kendaraan di sekitarnya. Pfiuuuuuuuuuh, dan aku cuma bertahan 1 bulan berlangganan dengannya.

Ojeg yang kedua, lebih ajaib lagi. Baru diminta untuk jadi tukang ojeg langganan, langsung minjem duit. MINJEM DUIT? Hadeuh, nggak bakal deh kukasih pinjem. Ntar kebiasaan minjem duit sama aku, aku yang repot. Jalanan rusak, main hajar aja. JEDAG! JEDUG! Alhasil, perut ini sakit. Kata budeh yang ngurut, peranakanku turun. Astaghfirullahaladziim... Lebih sering dia yang ngatur jadwal, loh siapa yang bayar ya? Telatnya kok sering? Trus kalo abis dianter sama ojeg yang satu ini, berasa kayak abis dikejar guguk, ngos-ngogsan. Hadeuuuuuuh ampun deh, daripada perutku jadi korban terus mending berentiin aja deh cari yang lain. Yang ini cuma bertahan 1 bulan juga karena terpaksa belum dapat ojeg yang lebih baik.

Ojeg yang ketiga, enak sih bawanya, nggak sradak sruduk, nggak main hajar aja jalanan yang rusak, datengnya selalu lebih dulu dari jam yang kutentukan. Tapi.... ada tapinya. Ojeg yang ini nggak kalah ajaib. Seneng banget nerabas lampu merah, tertib lalu lintas cuma kalo ada bapak berseragam aja. Pelit banget ngasih jalan orang yang nyebrang. Tobat deh! Dan satu lagi, seneng banget make jalur orang, trus tadi pagi kesenggol tuh bagian knalpotnya sama mobil, eeeeeh dia masih juga membela diri. Aku sebagai penumpang yang nggak suka melihat pengguna jalan memakai jalur orang ya belain mobilnya donk, wong jalanannya emang sempit. Siapa suruh make jalur orang, kalo disenggol motornya ya nggak salah yang nyupir mobil. Eeeee abangnya manyun gara-gara aku belain supir mobil. Sori ya bang, saya paling nggak suka sama pengendara yang tidak tertib lalu lintas.

Salah satu penyebab Jakarta semrawut, karena pengendaranya tidak tertib.

Hadeuuuuuuuuh... tahan-tahanin deh sama tukang ojeg yang sekarang, doain ya semoga dapet tukang ojeg yang oke. Soalnya kalo suruh bawa motor sendiri PP (rumah-kantor-rumah), nggak sanggup bo. Yang ada malah stress karena banyak pengendara yang bikin gemes kelakuannya.

0 comments: