Friday, December 17, 2010

Wedang Oewoeh Imogiri


Beberapa hari yang lalu saya bertandang ke kafe yang konon milik pak Bondan "Maknyus", yaitu Kopi Tiam Oey di Jl. H. Agus Salim (Jl. Sabang) no. 18 - Menteng - Jakarta Pusat.

Ketika memilih menu, yang pertama saya pilih adalah sajian minumannya. Disitu tertulis "Wedang Oewoeh Imogiri". Saya tanya kepada pelayannya:

"Mas apa nih wedang oewoeh Imogiri?"
"Bahasa kasarnya wedang sampah mbak." jawabnya cepat.
"HAH, wedang sampah? Maksudnya?"
"Iya, karena banyak pakai rempah-rempah. Bagus kok mbak, dari bahan herbal." jelasnya singkat dan padat.
"Oooooh kirain apa. Saya juga pesan Roti Bakar Srikayanya ya."

Wedang Oewoeh ini disajikan dalam sebuah teko yang tebuat dari kaca. Dilengkapi dengan gelas kaca ukuran sekitar 250ml, sendok kecil, saringan teh, dan beberapa butir gula batu. Warnanya merah dengan rempah-rempah di dalamnya. Rasanya mirip sepeti Bir Pletok yang pernah ibu buat. Porsinya lumayan besar, karena sampai 4 gelas.

Hmmmmm.... lumayan mengobati rasa kangen saya pada Bir Pletok. Kalau ke daerah Sabang, jangan lupa mampir ke Kopi Tiam Oey.

7 comments:

vi3 said...

waw... rasanya pasti nano nano deh lin..

tukangecuprus said...

Jadi pengen

Linda said...

@mbk vi3: enak mbk, rasanya gimana ya? sulit utk diungkapkan dg kata2 *tsaaaaah* :D

@mas ragil: ikut donk :D

Nadia Meutuah said...

Wiskul di di deket kos an ya mba Linda...Hehehe pengen nyoba ah kapan -kapan, BTW aku blm pernah minum Bir Pletok mba, jadi ga kebayang rasanya.

Linda said...

@nadia: iya say, harus mencoba kuliner sekitar kost ;) ayo dicoba ;)

Indahjuli said...

Udah coba, memang enak :)
kapan kita bisa ke KTO bareng ya.

Linda said...

call aja ina, kan kost linda deket situ. tapi utk 2 minggu ke depan kena piket Nataru :(