Wednesday, June 22, 2005

HUT Jakarta ke-478

Sekilas Tentang Ondel² yg biasa menyemarakkan HUT DKI Jakarta

Salah satu bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta² rakyat adalah ondel2. Nampaknya ondel² memerankan leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa.

Ondel² yang berupa boneka besar itu tingginya sekitar ± 2,5 m dengan garis tengah ± 80 cm, dibuat dari anyaman bambu yang disiapkan begitu rupa sehingga mudah dipikul dari dalamnya. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dari ijuk. Wajah ondel² laki² di cat dengan warna merah, sedang yang perempuan dicat dengan warna putih. Bentuk pertunjukan ini banyak persamaannya dengan yang terdapat di beberapa daerah lain. Di Pasundan dikenal dengan sebutan Badawang, di Jawa Tengah disebut Barongan Buncis, di Bali barong landung. Menurut perkiraan jenis pertunjukan itu sudah ada sejak sebelum tersebarnya agama Islam di Pulau Jawa.

Semula ondel² berfungsi sebagai penolak bala atau gangguan roh halus yang gentayangan. Dewasa ini ondel² biasanya digunakan untuk menambah semarak pesta² rakyat atau untuk penyambutan tamu terhormat, misalnya pada peresmian gedung yang baru selesai dibangun. Betapapun derasnya arus modernisasi, ondel² ternyata masih tetap bertahan dan menjadi penghias wajah kota metropolitan Jakarta.

Kalo pengen tau lebih banyak tentang sejarah ondel² bisa baca disini


Hari ini kota Jakarta merayakan HUT yang ke-478. Dirgahayu kota Jakartaku tercinta, semoga:

- Jakarta gak macet lagi
- Gampang nyari kerjaan
- Jakarta jadi bersih & nyaman
- Gak ada lagi teror bom & semacamnya
- Semakin hari semakin baik dalam segala bidang

DIRGAHAYU KOTA JAKARTA

0 comments: