Tuesday, January 03, 2012

Film Di Bawah Lindungan Ka'bah

Film pertama yang kutonton di awal tahun 2012. Akting para pemainnya benar-benar mengesankan. BRAVO!

Sebuah film yang dibuat berdasarkan Novel karya Buya Hamka. Menceritakan tentang kisah percintaan 2 anak manusia yang tidak bisa bersatu karena perbedaan status sosial. Dilatar belakangi oleh adat dan budaya Minang yang sangat kental.

Walau keluarga mereka Zaenab (Ladya Cintia Bella) dan Hamid (Herjunot Ali) tidak merestui hubungan mereka, tapi mereka yakin jika Allah berkenan, mereka pasti akan bersatu.

Hamid, putra dari Yenny Rachman seorang asisten rumah tangga di salah satu rumah keluarga terpandang. Hamid anak yang soleh, cerdas, tutur katanya baik, sikap dan tingkah lakunya sangat sopan. Ia jatuh hati pada Zaenab, salah seorang putri dari keluarga terpandang Engku Jafar (Didi Petet) dan Widyawati.

Ibunya Hamid sudah melarangnya untuk tidak mencintai Zaenab, karena perbedaan status sosial mereka. Tapi Hamid tetap gigih mencintai Zaenab. Hingga ia terkena hukuman dibuang keluar kampung, karena memberi nafas buatan untuk Zaenab yang tenggelam di sungai. Menurut tetua adat disana, perbuatan Hamid melanggar norma agama, karena berbuat hal yang tidak pantas di depan umum.

Hamid dengan ikhlas menjalani hukuman, karena kebesaran cintanya pada Zaenab mengalahkan hukuman yang harus ia jalani. Zaenab sudah dijodohkan dengan salah seorang putra kerabatnya. Dengan alasan, agar kekayaan yang mereka miliki tidak jatuh ke tangan orang lain.

Ketulusan, keikhlasan dan keyakinan mereka berdua mampu menyatukan keduanya di jalan Allah. Subhanallah...

Tak ada yang bisa menghalangi kuasa Allah. Apa pun bisa terjadi berdasarkan kehendaknya.

Badai air mata turun ketika melihat Hamid diludahi penduduk kampung. Ketika Emaknya Hamid meninggal. Dan banyak adegan lain yang membuat badai airmata.

Banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik dari film ini:

"Tidak semua orang suka dengan perbuatan baik yang kita lakukan, tapi jangan pernah berhenti berbuat baik."

"Jangan pernah merasa sendiri hidup di dunia ini, karena Allah beserta malaikatnya selalu bersama kita."

"Yakinlah hanya pada Allah, karena hanya Dia yang Maha Segalanya."

5 comments:

automation said...

wah coba deh ane pengen nonton nih

timbangan digital said...

wah bagus banget nih kayaknya film hihihi

infrared thermometer said...

wow pengen nonton nih filmnya hehehe

Aa Yohan said...

Jalan ceritanya seperti yang pernah ku tonton, sebuah serial China yang jadi OST nya dulu itu lagunya Conny Dio. Serial drama china ini diputar di SCTV.

Rezky said...

Thanks for another wonderful post