Friday, November 21, 2008

Cacat Fisik Bukan Penghalang

Berawal dari obrolan sama mbak Hanna Permanik tentang jenis-jenis musik. Sebenernya sih ngomongin naga di perut itu kalo dah kelaperan. Mulai dari dangdut, keroncong, rock, underground, jazz eh ndilalah lari ke acapela. Ngomongin acapela jadi pengen cerita tentang JAMAICA CAFE. Satu-satunya grup acapela Indonesia yang gak ada duanya buat Linda cuma JAMAICA CAFE.

Linda kagum sama Anton. Walau fisiknya tidak sempurna, tapi percaya dirinya melebihi yang sempurna. Dan itu membuat Linda kagum. Awal tau JAMAICA CAFE pas acara TARQ FAIR kalo gak salah th 96 apa 97 pas SMEA. Tadinya anti banget sama lagu dangdut, tiap kali adek atau siapa aja di rumah nyetel dangdut bawaannya tuh gak suka. Tapi pas JAMAICA CAFE nyanyi lagu kopi dangdut di acara TarQ Fair. Wuiiiiiiiiiiiih mulai dari jempol kaki, sampe jempol tangan trus goyang deh. Yihaaaaaa... KEREN...

Ngomong soal beda secara fisik, atau cacat fisik. Gak banyak yang tau kalo Linda punya cacat fisik. Cuma orang-orang dekat aja yang tau. Kebanyakan pada kaget pas dikasih tau. Hah, sumpah deh kalo gak dikasih tau gw gak tau. Begitu komentar kebanyakan orang yang Linda kasih tau.

Cacat Fisik itu gak Linda dapet dari lahir. Jadi pas umur 11 tahun sempet jatoh kepleset dengan posisi siku tangan kanan membentur jalanan yang disemen dengan memegang mangkok. Abis jatoh sih gak sakit cuma lecet aja. Pas dah beberapa bulan baru berasa. Tiap abis nulis di sekolah, ini tangan kanan rasanya pegel luar biasa. Mulai dari pangkal lengan sampai ke ujung jari pegelnya. Sama ibu cuma diolesin balsem aja. Sempet diurut juga sama pakdeh yang tinggalnya cuma beda 1 rumah. Eladala... ini tangan semakin bengkak, bengkaknya gak nanggung-nanggung bo segede betis. Trus sama bapak di bawa ke Haji Syarifudin (salah satu anaknya Haji Naim, tukang urut tulang di daerah Cipete). Kata Haji Syarifudin, engsel siku lengan kanan Linda menggeser. Di siku ada luka dalam. Ternyata itu adalah pembengkakan yang isinya sumsum. Linda sempet gak berdaya di atas tempat tidur selama satu bulan. Semua aktivitas dibantu sama ibu dan orang rumah. Haji Syarifudin berpesan, kalo luka itu sampe pecah tolong langsung bawa ke dokter. Bener aja, hari itu pas hari Jum'at. Linda yang tadinya mau bangun aja gak sanggup, tiba-tiba bisa bangun dari tempat tidur tanpa bantuan orang lain. Wuiiiiiih... senengnya bukan main. Langsung donk jalan ke ruang tamu. Ibu, bapak, dan semua orang di rumah kaget dan seneng luar biasa liat Linda dah bisa bangun dari tempat tidur. Gak lama, itu luka pecah. OMG, langsung deh Linda dibawa ke RS ditemenin kakak pertama sama ibu. Bapak gak tega liat kondisi Linda waktu itu dan sempet pingsan pas taxi yang bawa kita pergi ke RS melaju.

Nah sejak kejadian itu tangan kanan Linda cuma bisa lurus aja, gak bisa digerakin. Sama bapak, Linda di bawah ke sangkal putung di daerah klender. Nah disana penyiksaan pun dimulai. Tangan yang lurus ini dipaksa digerakkan sama yang ngobatin. Alhasil Linda teriak dan nangis sekenceng-kencengnya, sampe bapak pingsan dengernya. Ampun, sakit bo. Sakitnya sampe ke jantung. Kapok deh, gak lagi-lagi. Hasilnya tangan Linda nekuk aja gak bisa digerakin juga. Akhirnya berenti berobat disitu, pindah ke sangkal putung satu sampe ke sangkal putung lain sesuai rekomen sodara, tetangga, teman dll. Sampe ngabisin uang pensiun bapak tuh buat mondar mandir berobat. Akhirnya Linda capek ngerasain sakit karna diobatin. Trus Linda bilang sama bapak, udah pak gpp Linda ikhlas kok.

Nah dengan kondisi menekuk itu, Linda jadi bisa sholat. Coba kalo lurus aja, susah dan repot bo kalo mo sholat. Dulu sempet melakukan aktivitas dengan tangan kiri. Nulis, makan, semuanya tangan kiri. Tapi pas kondisinya nekuk, Linda berusaha untuk mengaktifkan tangan kanan. Gak enak euy beraktivitas pake tangan kiri. Oh iya, waktu SMP tangan kanan masih lurus doank. Pas ujian praktek voley, disuruh servis 10x. Bismillah, Linda servis pake tangan kiri. Linda bersyukur dapet temen-temen yang ngasih support bukan malah menghina kondisi Linda. "Ayo Lin, lo pasti bisa!" begitu teriak temen-temen sekelas. Alhamdulillah 10x servis, 7x masuk. :) Makasih teman-teman, I miss you all.

Sejak saat itu Linda berusaha untuk membangun kepercayaan pada diri sendiri dan bertekad untuk bisa punya kelebihan dari kecacatan yang dimiliki.

Dari SMP dah niat masuk SMEA (SMK), biar bisa langsung kerja kalo udah lulus. Pas SMEA ngambil jurusan sekretaris. Dan salah satu pelajarannya mengetik. Dari kelas 1 udah dibiasain untuk ngetik 10 jari tanpa melihat tuts. Tiap minggu ada ujian kecepatan mengetik. Awal-awal belajar mengetik 10 jari, ini jari pada kapalan dah. Maklum pake mesin ketik Kelurahan tuh. Sama bu Dewi Dharanawati (guru mengetik), semua tuts di mesin ketik dicat putih. Berkat didikan bu Dewi, alhamdulillah aku bisa mengetik 10 jari tanpa melihat tuts. Bahasa kerennya mah ten fingers system, blind system dan rythm system... halah. Makasih bu Dewi, pa kabarnya bu. Dah 10 tahun gak ketemu. Kangen nih bu. Rumahnya masih di belakang RS Pertamina bu?

Nah karna kemampuan mengetik 10 jari tanpa melihat tuts itu pula yang bikin Linda diterima kerja pertama kali. Dan kemampuan mengetik itu pula yang bikin Linda terselamatkan pas sidang skripsi kemaren. Jadi salah satu dosen pengujinya (Pak Iyung) pernah jadi dosen matkul JAVA. Pas pak Iyung ngetik coding, Linda juga ngetik. Trus pas pak Iyung, running program. Linda juga running. Trus dia nanya, sama gak hasilnya. Orang pertama yang bilang "sama pak", itu Linda. Trus pak Iyung nyamperin Linda, "gile cepet banget lo ngetiknya". Linda cuma mesam-mesem aja. Dan dari situ, pak Iyung hafal wajah Linda. Makasih pak dah nyelametin saya pas sidang kemaren.

Waktu tahun 2003 pernah rongtent berdasarkan saran Ibu Soraya (apa kabar bu? miss you so much). Untuk mengetahui kondisi siku lengan ini. Siapa tau masih bisa diperbaiki dari segi medis. Karna selama ini hanya lewat jalur alternatif aja. Dapet rekomendasi dari Mbak De untuk nemuin Dr. Ifran Saleh di RS Siaga. Pas ketemu sama Dr. Ifran Saleh, dia bingung.

"Siapa yang sakit?" tanya dokter ganteng

Saya dok, sambil mengulurkan dan menjelaskan kondisi lengan kanan. Seperti biasa dokter Efran nanya kenapa bisa begitu. Kuceritakan saja semuanya.

"Ok, di rongtent aja dulu ya. Biar ketauan hasilnya."

Dan berdasarkan hasil rongtent, menurut Dr. Ifran Saleh siku linda harus dipotong karna tulangnya sudah menyatu. Dan diganti dengan siku buatan. Biaya operasi sekitar 15jt + biaya siku buatan dari luar negeri (lupa euy dari negara mana) sekitar 35jt. Jadi total sekitar 50jt. WOW, it's a big price for me.

Sampe rumah, bapak nanya hasil rongtent. Linda ceritain apa yang dikasih tau sama Dr. Ifran Saleh ke bapak. Bapak kaget euy, dan sempet mau ngejual rumah buat biaya operasi. Linda bilang sama bapak, gak usah pak. Linda ikhlas dengan kondisi seperti ini. Gak perlu jual ini rumah, Linda udah banyak ngabisin uang bapak :). Lagipula Linda takut kalo diganti siku buatan, nanti malah bermasalah kan bikin repot. Linda rongtent cuma mau tau kondisinya gimana. Sekarang udah tau, ya udah gpp Linda ikhlas kok pak. Selagi gak merepotkan orang lain dan masih bisa berdiri di atas kaki sendiri. tsaaaaaath...

Kemaren mbak Hanna sempet nanya: "tapi Lin...ini If yah...ada 50jt dana yg tdk mengganggu siapa pun...akan kah Linda memperbaiki sikut mu?"

Gak mbak, makasih. Linda bersyukur dengan kondisi seperti ini. Dengan kondisi seperti ini Linda bisa ketemu dengan orang-orang luar biasa. Kalo tangan Linda normal, Linda gak tau deh bakal jadi apa. Soale dulu pengen banget jadi atlit taekwondo lah, nahkoda cewek lah. Macem-macem deh pokoknya :)

So buat kalian yang punya kekurangan secara fisik atau beda dari segi fisik. Jangan minder ya. Ayo gali kelebihan dari kekurangan yang ada. Banyak contohnya tuh, keq Anton Jamaica Cafe dan mas Sugeng pembuat kaki palsu yang digaet sama KICK ANDY.

Foto diambil dari wikipedia.

0 comments: