Thursday, February 02, 2012

Mush’ab Bin Umair, Duta Islam Yang Pertama

Beliau adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW. Seorang remaja Quraisy paling menonjol, paling tampan dan paling bersemangat. Beliau adalah pemuda Mekah yang menjadi sanjungan semua orang. Biasa dikenal dengan nama Mush’ab Al Khair. Sebelum masuk Islam, pakaiannya ibarat bunga di taman, menebarkan aroma wewangian. Semua itu ditanggalkannya demi cintanya pada Allah dan RasulNya.

Alkisah suatu hari ibunya mengusir Mush’ab Umair dari rumah karena tahu bahwa dirinya telah masuk Islam. “Pergilah sesuka hatimu. Aku bukan ibumu lagi.” Mush’ab menghampiri ibunya dan berkata, “wahai ibu, aku sangat sayang kepadamu. Karena itu, bersaksilah bahwa tiada Tuhan selain Allah & Muhammad utusan Allah.”

Ibunya menjawab dengan penuh amarah, “demi binta gemintang, aku tidak akan masuk Islam. Otakku bisa rusak dan buah pikiranku tak akan diindahkan orang lain.”

Mush’ab meninggalkan kemewahan dan kesenangan yang dimiliki orang tuanya, memilih hidup miskin dan kekurangan. Jiwanya yang telah dihiasi akidah suci dan cahaya Illahi, mengubah dirinya menjadi seorang manusia yang dihormati, penuh wibawa dan disegani.

Berbekal kecerdasan dan akhlak mulia yang dikaruniakan Allah padanya, Rasulullah menugaskannya untuk mengajar agama Islam pada orang-orang Anshar yang telah masuk Islam.

Dengan sifat zuhud, kejujuran dan keikhlasan, ia berhasil memikat hati penduduk Madinah hingga mereka berduyun-duyun masuk Islam. Saat ia datang ke Madinah, jumlah orang Islam hanya 12 orang. Pada musim haji berikutnya, kaum Muslimin Madinah mengirim rombongan berjumlah 70 orang untuk menemui Nabi.

Itulah sebabnya beliau mendapat gelar, Duta Islam yang pertama.

4 comments:

retma-haripahargio said...

Subhanallah... :) Oh, oh. Andai ada pemimpin negeri ini begitu ya linda? :D

Linda said...

aamiin semoga akan ada pemimpin spt para sahabat Nabi ya mbk :)

yons achmad said...

eh tulisan bagus. kupublish di wasathon.com ya. Oh ya kl aku mo pesen syal rajut bisa? untuk hadiah temen tgl 24 feb

Linda said...

@yons: alhamdulillah makasih. monggo kalo mau di publish itu resume dari salah satu buku Sirah Sahabat :)

kirim email ke nicegreen@gmail.com aja pak utk order syalnya :)