Friday, August 13, 2010

TAM QS AL AN'AAM (2 dan 3 Ramadhan 1431H)

2 Ramadhan 1431H (12/08/2010) - QS AL AN’AAM (6-11)

Tidak selalu apa yang kita sebut bencana itu karena dosa yang dilakukan, bisa jadi karena Allah ingin mengatur ekosistem dengan terjadinya bencana tersebut.

  • Janganlah hanya mengandalkan/terbatas pada hal-hal yang bersifat materi. Kita harus membangun jiwa kita. Ada hal-hal yang tidak bisa diukur dengan materi.
  • Kita tidak bisa melihat Malaikat, karena Malaikat itu terbuat dari cahaya, dan kita tidak mampu menatap cahaya tersebut.
  • Janganlah memperolok suatu kejadian.

3 Ramadhan 1431H (13/08/2010) - QS AL AN’AAM (12-18)

Seorang Mu’min adalah orang yang berbuat baik kepada orang yang pernah berbuat salah kepadanya. Menuntuk sedikit apa yang menjadi haknya dan memberikan lebih banyak apa yang menjadi kewajibannya.

Rahmat Allah itu dekat dengan orang yang berbuat baik.

Sikap terbaik jika didzolimi orang lain: jika caci makinya terhadap kita benar, mohon kepada Allah untuk mengampuni semua doa kita. Tapi jika caci makinya terhadap kita salah, doakan agar Allah mengampuni semua dosanya.

  • Allah Maha Kasih. Jika ada yang mendapat siksaanNYA, itu berarti karena kesalahannya.
  • Gunakan semua potensi yang ada pada diri kita, gunakan potensi Qolbu agar kita menjadi orang yang beriman. Jika tidak menggunakan pontensi yang kita miliki, maka kita akan menjadi orang yang merugi.
  • Jangan pernah menduga apa yang tidak kita senangi itu buruk bagi kita.

0 comments: