Wednesday, August 18, 2010

Tafsir QS Al An' Aam Ayat 37 - 47

7 Ramadhan 1431H (17/08/2010) - QS AL AN’AAM (37-41)

Hati-hati dengan doanya orang yang teraniaya, walaupun dia kafir. Karena orang yang teraniaya doanya tulus & Allah tidak suka dengan orang yang menganiaya.

Jangan pernah berpikir bahwa hambatan yang datang ketika sulit menangkap ilmu adalah berasal dari luar. Hambatan itu datang karna kesombongan. Orang yang sombong tidak akan dapat menangkap ilmu. Jika kita ingin belajar, bukalah hati kita agar dapat menerima ilmu dengan mudah.

Mengerti/paham itu belum cukup, kita juga harus menghayati. Allah tidak akan memberi pentunjuk, jika orang tersebut tidak mau ditunjuki.

  • Ajaran Islam mengandalkan pemikiran, tidak mengandalkan hal-hal yang bersifat materi.
  • Sesungguhnya Allah berkuasa menurunkan suatu mukzizat, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahuinya.
  • Yang mau memperoleh petunjuk Allah, maka akan Ia beri. Yang mau hidup dalam kesesatan, maka Allah akan tetapkan ia dalam kesesatan.

8 Ramadhan 1431H (18/08/2010) - QS AL AN’AAM (42-47)

Puncak kedzoliman seseorang adalah menyekutukan Allah.

Semakin dekat seseorang dengan orang lain, maka akan semakin berkurang rasa malunya.

Yakinlah bahwa Allah itu lebih dekat dengan kita.

Memahami Al Qur’an tidak bisa hanya melihat 1 ayat, kita harus melihat secara keseluruhan dari Ayat-ayat yang terdapat dalam Al Qur’an.

Zuhud bukan berarti larangan untuk menjadi kaya raya. Zuhud artinya memberikan kepada orang lain karena kita sudah cukup dengan yang dimiliki.

Kelembutan hati dan kepekaan adalah mau menerima suatu kebenaran, walaupun tadinya punya pikiran yang berbeda tapi salah.

Orang yang tertawa terbahak-bahak itu tandanya hatinya keras. Janganlah melampaui batas jika bergembira dan janganlah terlalu larut dalam kesedihan.

  • Ingatlah bahwa siksaan Allah itu tidak datang secara mendadak, Ia beri pelajaran dan peringatan sebelumnya.
  • Tuhan senang jika kita memohon kepadaNYA, walaupun Ia tau apa yang kita inginkan. Jangan pernah merasa malu untuk memohon kepada Tuhan.
  • Kita wajar mengucapkan syukur jika ada penegak hukum yang menjalankan tugasnya dengan baik.
  • Tidak ada yang dijatuhi siksaan Allah, kecuali orang yang dzolim.

0 comments: