Monday, July 28, 2008

Gerakan Seratus Rupiah

Kemarin nonton tayangan ulang Kick Andy yang menampilkan orang-orang yang berjasa terhadap lingkungan sekitarnya. Salah satunya Gerakan Seratus Rupiah yang lebih dikenal dengan GESIT. Yaitu gerakan yang dilakukan oleh penduduk di desa Bagendit - Garut. Setiap rumah disarankan untuk menyisihkan seratus rupiah dan sesendok beras setiap hari, yang dimasukkan ke dalam kaleng yang disediakan di depan pintu rumah. Setiap minggu petugas desa akan berkeliling ke rumah-rumah warga untuk mengambil isi kaleng tersebut (duit & beras). Dan hasilnya akan dikumpulkan, dan beras yang terkumpul akan dijual.

Gerakan tersebut berawal ketika desa itu akan membangun mesjid yang dananya sekitar 800 juta. Tapi gerakan itu tidak berhenti setelah mesjid yang diinginkan berhasil dibangun. Sampai saat ini gerakan itu masih terus berjalan dan hasilnya untuk membangun desa. 2 buah gedung sekolah sudah berhasil dibangun juga perbaikan jalan.

Subhanallah... dari seratus rupiah dan sesendok beras bisa membangun sebuah desa tanpa harus menunggu bantuan yang datang. Semoga hal ini bisa menjadi cambuk bagi kita di saat kondisi perekonomian yang semakin menghimpit.

"Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri."

0 comments: