Monday, February 05, 2007

Luapan Air Di Jakarta

Kamis sore, pulang gawe langsung ke kampus berburu tanda tangan para dosen ganteng. Alhamdulillah lengkap sudah tanda tangan dari mereka, hard cover dah beres. Tinggal bikin skripsi yg ke CD. 18.30 Heru sampe di kampus dg membawa laptop yg mau dipinjem sama Arin yg hari ini (Senin, 5 Feb 07) bakal sidang. Sambil nunggu Arin yg masih kejebak banjir dimana2, kita sholat maghrib. Untung ketemu Alex yg lagi mau makan, jadi bisa nitip bawaan sama dia. Selesai sholat Arin blom sampe juga, langsung nyamperin Alex yg dah buru2 mo kuliah. Sambil nunggu Arin yg gak tau dah sampe mana, kita ke rental deket kampus untuk scan Surat Riset dan Surat Persetujuan yg dah di tanda tangan. Ternyata Arin dah nunggu di tempat kita biasa makan, sekalian aja nyuruh Heru makan.

Setelah urusan sama Arin selesai, langsung Heru memacu kuda besinya ke rumah Indra untuk burning skripsi ke CD. Di daerah Larangan perjalanan terhambat, katanya sih banjir. Aku ajak Heru motong jalan, selamat, lancar, tapi pas di ujung jalan banjir bo, lumayan deh 1/2 ban motor. Tapi gak masalah bisa dilewati walau banjirnya lumayan panjang. Alhamdulillah sampe dg selamat di rumahnya Indra sekitar jam 20.30. Trus langsung benahin ketikan yg mau di burning. Sekitar jam 21.30 hujan deras mengguyur daerah rumahnya Indra, gak tau deh mungkin hujannya rata. Kita bertiga masih asyik benahin skripsiku. Sekitar jam 22.00 telp ibu di rumah, nanya banjir apa gak? Ibu bilang rembes aja dari rawa di belakang rumah. Dan aku bilang ke ibu kalo masih beresin urusan skripsi di rumah Indra. Semakin malam, hujan semakin deras. Perasaan kok gak enak ninggalin ibu dalam keadaan ujan deras, sementara Rabu malam di rumah dah tergenang air rembesan dari rawa di belakang rumah.

Sekitar jam 00.00 pamit sama Indra untuk pulang dan diantar Heru. Tadinya gak dikasih pulang karna masih hujan deras, tapi perasaanku gak enak. Akhirnya di bawah guyuran hujan lebat, Heru mengantarku pulang. Baru keluar dari gang rumahnya Indra genangan air dah menghambat perjalanan, lumayan tingginya 1/2 ban. Aku meminta Heru untuk ngebut bawa motornya biar gak mogok di tengah banjir. Alamak, dimana2 jalanan tergenang air. Mana hujan semakin deras, aku bilang sama Heru ambil jalan di tengah soale kalo kepinggir takut nyemplung got. Setelah muter2 cari jalan yang bisa dilewatin dan 3x nyebrang banjir yg tingginya sampe paha, alhamdulillah sampe di rumah. Brrrrrrr... dingin bo, baju dan celana basah kuyub. Di depan gang masuk ke rumah, tetangga dah pada kumpul, ada yg duduk di dalam pos kamling dan mereka bilang rumah kita kebanjiran. Allahu Akbar, langsung lemes dengernya apalagi setelah liat air sampe sebetis yg menggenangi mulut gang. Kalo di mulut gang sebetis berarti di rumahku bisa lebih dari sepinggang. Allahu akbar.

Tadinya Heru mo langsung pulang, tapi aku tahan soalnya percuma juga pulang hampir seluruh jalanan tergenang air dan hujan masih deras. Kutemui ibu yg lagi ngungsi sama adek ipar dan anaknya [Ikhsan] bersama tetangga di rumah Ketua RT. Setelah nemuin ibu, aku balik neduh di pos kamling bersama tetangga yg lainnya. Bajuku basah kuyub, aku gak berani duduk hanya berdiri sambil berharap air segera surut. Sekitar jam 01.00 aku sms Mas Agung sbg pegawai PLN, minta tolong mematikan aliran listrik di daerah rumahku. Gak lama, listrik pun padam. Para warga berhamburan di jalanan dibawah guyuran derasnya hujan. Aku hanya berdoa dan memohon pada Allah, Ya Rabb, kutitipkan diriku, ibuku, keluargaku dan rumah kami padaMu. Selamatkanlah kami semua, ya Rabb. Abis subuh, Heru pamit pulang untuk ganti baju dan bilang jam 11 bakal dateng lagi. Aku langsung berlari menuju rumah Ketua RT untuk ganti celana panjang, kebetulan setiap hujan aku selalu bawa celana ganti, jaga2 biar gak kecipratan. Trus aku merebahkan diri diatas kasur yg dah disediain sama tuan rumah dg baju yg hampir kering di badan.

Sekitar jam 07.47 sms Indra, minta bawain kaos buat ganti soale dah gak tahan bo dingin banget, sampe menggigil. Sambil menunggu Indra dateng bawa baju ganti, aku sarapan bareng keluarga dan tetangga yg ikut ngungsi. Dari Kelurahan mendirikan posko banjir dan memberikan sarapan untuk korban banjir. Sekitar jam 10.00, Indra baru sampe. Dia bawain flanel dan jaket. Aku langsung ganti baju dan alhamdulillah gak menggigil lagi. Setelah mengantar baju buatku, Indra pamit mau ke rumahnya Henny yg katanya kena banjir sampe 2 meter. Sampe Jum'at siang, air masih juga belum surut. Kakakku yg nomor 4 yg tinggal di Kreo datang menjemput dan mengajak kami ngungsi di rumahnya. Sementara adikku sibuk menjaga rumah yg kondisinya dah kayak kapal pecah. Selama air menggenangi rumah, cuma adek dan temen2nya yg mondar mandir jagain rumah. Takut ada orang yg gak bertanggunng jawab yg bakal menjarah. Sementara kakakku yg no.2 yg tinggal di Benhil, kebanjiran sampe sepinggang. Aku, ibu, mbah, kel kakakku yg pertama bersama adik ipar dan anaknya ngungsi ke Kreo. Jum'at sore setelah sholat maghrib temannya adek menjemput katanya air dah surut. Aku dan kakakku yg pertama bersama suaminya pulang untuk membereskan rumah.

Alhamdulillah banyak temen2 adek dan ponakan pertama yg ikut bantu bersihin rumah dari lumpur2. Karna listrik masih padam, jadi dg sangat terpaksa membersihkan rumah pake air hujan dan air kali. Setelah listrik nyala, baru kami pel lagi. Pfiuuuuuuuuuuh lemes banget rasanya. Sekitar jam 18.30 aku minta diantar ke Kreo untuk mengungsi lagi kesana. Dan seperti biasa, adekku bersama temen2nya yg jaga rumah. Apalagi ada isu bakal banjir lagi. Sampe hari ini rumah masih kayak kapal pecah. Baju2 yg menggantung di lemari terendam banjir bawahnya. Alhamdulillah hard cover dan CD skripsi terselamatkan. Gimana dengan teman2? Ada yg kebanjiran gak? Makasih untuk para sahabat atas perhatiannya, I love you always.

Ya Illahi Robbi, limpahkanlah selalu keberkahan dan keridhoanMu pada 2 sahabatku yg berhati malaikat. Semoga kalian berdua selalu menjadi malaikat dimanapun berada untuk selamanya. Hutang budiku benar2 bertumpuk sama kalian. Hanya Allah yg bisa membalas semua kebaikan kalian. Thank you so much.

0 comments: