Friday, December 03, 2004

Second time in Papandayan

Hari Sabtu pagi tgl 27 Nov, gw sama orang² kantor berangkat ke Subang dengan 2 mobil kijang & 1 mobil carry. Di mobil kijang yg pertama ada 5 orang, di mobil kijang yg gw tumpangin ada 6 orang & di mobil carry ada 8 orang. 2 mobil kijang berangkat dari Kerinci, sedangkan mobil carry dari Cibitung dan kita ketemuan di tol Sadang. Dari tol Sadang kita jalan iring²an. Pas mau masuk daerah Subang, mobil carry yg berada di paling depan di stop sama polisi yg lagi melakukan razia tapi mobil yg gw tumpangin sama mobil kijang yg 1nya lagi ga di stop. Akhirnya kita ikutan berenti di pinggir jalan & pada maen tebak²an kenapa mobil carry di stop polisi?? Apa karna cowo semua yg bertampang seram dengan kacamata itemnya hehhee?? Tapi ga lama mobil carry dah meluncur lagi, trus kita ngelanjutin perjalanan. Sampe di lokasi sekitar jam 12, trus kita langsung tanya ke mereka yg ada di mobil carry, kenapa bisa di stop polisi. Ternyata polisinya kenal sama pak Wawan yg kebetulan nyetir mobil. Katanya polisi itu temen sekolahnya pak Wawan dan ingin silahturahmi. Kita pikir kenapa? Ternyata pak Wawan terkenal juga disana :)

Sampe di rumahnya pak Ujang sang pengantin pria, kita langsung disambut sama kel mempelai pria. Disuguhin makanan khas daerah Subang & mangga berikut pisaunya. Ada mangga gedong sama harum manis, ga lupa air putih & kopi. Trus kita langsung diminta untuk mencicipi hidangan yg dah disiapin. Ada ati macan aka jengkol disambelin, pepes ikan, pesmol, sate kambing, balado kentang, soto, sambel oncom & ga ketinggalan lalapan. Selesai menikmati hidangan, kita poto² trus pamitan & ga lupa minta mangganya utk dibawa pulang *hehehe ga mau rugi euy :P*. Dari situ, kita mampir ke rumah mertuanya pak Wawan yg kebetulan tetanggaan sama mempelai pria untuk sholat dzuhur sekalian silahturahmi. Setelah itu 2 mobil (kijang & carry) kembali ke jakarta sedangkan 1 mobil kijang yg berisi 8 orang termasuk gw melanjutkan perjalanan ke Garut.
Posted by Hello

Rencananya kita mo ke Ciater tapi ga jadi, akhirnya langsung ke Bandung dan mampir di Rumah Mode & Summit + Herritage soale ada beberapa temen yg ga bawa baju ganti karna perginya dadakan. Dari Bandung sebelum lanjut ke Garut sempet mampir di RM Laksana sekalian sholat Maghrib. Sampe Garut sekitar jam 21.00, kita langsung bergiliran mandi & sholat Isya sambil istirahat. Waktu sampe Garut, udaranya bener² dingin dan herannya abis mandi dengan air yg dingin badan jadi seger dan ga terasa dingin seperti pertama dateng. Sekitar jam 22.00 kita lanjut lagi ke Papandayan. Ini ke-2 kalinya gw ke Papandayan, yg pertama sebelum meletus. Sepanjang perjalanan suasananya sepi, dan dengan terpaksa perjalanan kita ke Papandayan diiringi lagu²nya Siti Nurhaliza + kompilasi karna di mobil cuma ada 2 kaset itu. Pas mulai memasuki areal Papandayan, mulai terhirup udara yg berbau belerang silih berganti dengan aroma tumbuh²an yg ada di sekitar. Kita semua yg ada di mobil memandangi sekeliling, kali² aja ada hal menarik yg bisa diliat. Sekitar jam 23.00 kita sampai di areal parkir Gunung papandayan. Suasananya sepi sekali, seperti tak ada kehidupan. 2 orang yg ikut kesana kebetulan pengurus Jenggala atau orang yg disegani di Papandayan & Garut pada umumnya. Mereka berdua langsung menghampiri sebuah rumah yg diterangi cahaya lampu minyak yg sedang asyik bernyanyi dengan iringan gitar. Sayang banget ga bisa diabadiin suasana disana, soale gelap banget. Pasca meletusnya Gunung Papandayan listrik padam, jadi penerangan dari lampu minyak.

Udara disana dingin banget, sampe² kita semua menggigil kedinginan. Karna waktu acara makan di RM Laksana gw ga ikutan jadi gw laper berat. Trus kita menghampiri sebuah rumah yg kebetulan berjualan mie instan + minuman hangat. Sementara yg lainnya pesen minuman hangat, gw pesen pop mie. Alhamdulillah agak berkurang rasa dingin & laparnya, apalagi ditambah kita semua nyanyi² sambil diiringi gitar hasil pinjaman pengurus Jenggala yg ada disana. Ga lama datang sekumpulan anak muda dengan beberapa motor & ceweknya cuma 1 orang. Setelah mengikuti uji nyali bertahan di udara dingin, akhirnya sekitar jam 24.00 kita kembali ke rumah tempat kita singgah selama di Garut Posted by Hello
. Sampai sana, langsung deh pada ke kamar mandi trus pada tidur karna capek & ngantuk berat.

Paginya temen gw bangun sekitar jam 04.45 trus nunggu temen gw yg sholat subuh soale gantian tempat sholatnya. Setelah selesai sholat subuh, gw ke teras dan udah ada sepasang insan yg lagi ngobrol langsung aja gw nimbrung. Tapi ga lama gw langsung mandi biar badan seger dan ga berasa dingin, selesai mandi gw sama 3 orang temen terus nyari sarapan. Kita menuju ke gelanggan olahraga dan seperti biasa di hari Libur yg namanya gelanggang olahraga pasti rame, bisa dibilang Senayannya Garut. Disana gw sama 2 orang temen gw nyabu (nyarap bubur) dan 1 orang temen gw sarapan nasi kuning plus...plus..plus. Disana banyak yg jualan, dan uang 500 rupiah masih berharga karna masih dapat sepasang kaos kaki, gunting kuku 1000 rupiah dll. Dari situ kita naek delman ke toko kue buat temen² lain yg ga ikut sarapan. Wkt sampe di toko kue, disana lagi ada razia pedagang yg berjualan di trotoar. Dari situ kita naek angkot ke rumah singgah. Trus sampe disana, temen² yg ga ikut sarapan dah pada mandi trus lagi asyik mancing. 2 orang temen gw yg blom mandi akhirnya bergiliran pake kamar mandi. Setelah semua selesai, terus kita beres² utk kembali ke Jakarta. Sebelum meninggalkan Garut seperti biasa, foto² lagi. Posted by Hello


Setelah itu kita semua meninggalkan rumah singgah dan langsung ke pasar yg menjual soto yg sangat terkenal di Garut. Gw selesai duluan makannya karna cuma makan sotonya aja, soale pagi kan dah nyabu. Trus gw minta ditemenin utk beli kaset, soale dah bosen sama 2 kaset yg tersedia. Akhirnya gw beli kaset Ari Lasso & Peterpan terbaru. Dari situ kita langsung lanjut ke toko yg jual oleh² khas Garut. Setelah selesai beli oleh², kita langsung melanjutkan perjalanan ke Tangkuban Perahu. Kaset Peterpan cuma diputar sekali, ternyata pada suka denger Ari Lasso. Jadi sepanjang perjalanan sampe Jakarta dengerin Ari Lasso ;).

Sebelum ke Tangkuban Perahu, kita mampir di Lembang utk istirahat sekalian beli tahu sumedang + lontong + keripik tempe. Abis itu langsung meluncur ke Tangkuban Perahu. Ternyata di Tangkuban Perahu dah mulai mendung, pas sampe sana dah mulai gerimis jadi foto²nya cuma sedikit. Rugi euy bayar 10ribu per orang cuma ujan²an doank :P.

Dari Tangkuban Perahu kita langsung melanjutkan perjalanan dan singgah utk makan di kedai mang Jeje di Subang sekalian sholat Ashar dijama sholat Dzuhur. Menunya ayam (kampung) goreng + pepes belut + pepes ikan ga ketinggalan lalapan & sambel + rambutan. Ayam gorengnya itu loh, waaaaaah ueeeeeenak tenan. Pokoknya kalo ke Subang jangan lupa ke kedai makannya Mang Jeje, soale kedainya asyik punya kek saung gitu disekitarnya sawah dan makanannya juga ueeeenak banget.

Sekitar jam 17.00 kita melanjutkan perjalanan. Dan gw sampe rumah jam 19.30. Waaaaaaaaah pokoknya seneng banget ;)

0 comments: