Wednesday, March 07, 2012

Negeri 5 Menara - Man Jadda Wa Jadda

Sebuah film yang bercerita berlatar belakang beberapa daerah di Indonesia diantaranya Sumatera Barat, Jawa Timur dan Bandung. Yang berkisah tentang kehidupan 6 orang anak di Pesantren. Dibalut dengan keindahan alam Sumatera Barat. Cara jual beli yang unik, dengan saling memasukkan tangannya ke dalam sarung yang dipakai oleh pembeli. Dibumbui adegan-adegan yang mampu membuat semua penonton dalam bioskop tertawa.

Ada kekaguman, ketika Baso yang awalnya tak pandai berbahasa Inggris harus berpidato dengan bahasa Inggris. Juga ketika "Shohibul Menara" bisa memperbaiki genset yang langganan mati setiap hari. Ada haru ketika Baso terpaksa harus meninggalkan "Shohibul Menara", kembali ke kampung halaman.

Ditutup dengan kekaguman pementasan "Shohibul Menara" tentang kisah Ibnu Battuta. Seorang Ilmuwan Muslim yang merelakan hidupnya pada hembusan angin yang membawanya kemana pun ia singgah. Napak tilas perjalanannya menempatkannya sebagai penjelajah dunia terbesar yang dimiliki peradaban Islam dan dunia.

"Jika kita sedang berada jauh dari keluarga, orang terdekatlah keluarga kita."

"Pada Hakikatnya kita memang perantau, dan ditugaskan Tuhan untuk menuntut ilmu menjelajah bumi."


Semangat "Man Jadda Wa Jadda" membuat "Shohibul Menara" mampu mewujudkan cita-cita mereka.

0 comments: