Monday, February 20, 2012

Dialah Teman Malam & Pendamping Waktu Sahur

Abdullah Ibnu Umar

Ia habiskan waktu malam untuk shalat, ia terdengar menangis tersedu-sedu memohon ampun dan beristighfar. Saat remaja, ia pernah bermimpi. Lalu mimpi itu ditafsir oleh Rasulullahyang membuat Ibnu Umar menggebu-gebu melakukan Qiyamul Lail.

Apa gerangan mimpinya?

Ia bermimpi seolah-olah di tangannya ada selembar kain beludru. Tempat mana saja di surga yang ia ingini, maka beludru itu menerbangkannya ke surga.

Aku juga melihat 2 orang mendatangiku & ingin membawaku ke neraka. Lalu seorang malaikat mencegatnya & berkata, "Jangan ganggu dia." Maka aku dilepaskan. Saudara perempuanku yang bernama Hafshah menceritakan mimpiku pada Rasulullah. Beliau berkomentar, "Abdullah sangat beruntung, jika ia mau memperbanyak shalat malam."

Sejak saat itu hingga ia wafat, bertemu Tuhannya, ia tidak pernah meninggalkan Qiyamul Lail. Di rumah maupun ketika bepergian.

Sejak saat itu waktunya ia habiskan untuk shalat, membaca Al Qur'an & berdzikir. Ia seperti ayahnya, setiap kali mendengar ayat-ayat Al Qur'an, matanya berderai air mata.

Ubaid bin Umar pernah berkata, "Aku pernah membacakan QS An Nisa ayat 41 kepada Ibnu Umar, Ibnu Umar pun menangis hingga janggutnya basah oleh air mata.

Suatu hari ia duduk diantara kawan-kawannya, lalu membaca Al Muthaffifin ayat 1-6:

"Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang, (1) yaitu orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi, (2) dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi. (3) Tidakkah orang-orang itu yakin, bahwa sesungguhnya mereka akan dibangkitkan, (4) pada suatu hari yang besar, (5) (yaitu) hari (ketika) manusia berdiri menghadap Tuhan semesta alam?

Ia mengulang-ulang ayat ke-6 dan air matanya terus mengalir, sampai ia jatuh pingsan.

Subhanallah semoga kita bisa meneladani beliau untuk bisa istiqhomah shalat di penghujung malam.

5 comments:

Ly said...

hay bu? pa,kbr long time not see.... :)

Linda said...

alhamdulillah kbr baik Ly, gimana kbrnya? makasih ya sudah mampir ;)

tachometer said...

mantap gan ceritanya keren abisss

floor scale kit said...

mau nih cerita - cerita tentang islam mantep banget dah

Linda said...

@tacho: makasih gan, cendolnya ya ;)
@floor: insya Allah doain ya biar rajin ngerangkum sirah sahabat ;)