Wednesday, August 10, 2011

Ijinkan Kami Memaksimalkan Ibadah KepadaMU


Alhamdulillahirrobil'alamiin, senangnya Ramadhan tahun ini ibu bersemangat sekali teraweh ke musholla. Karena tahun-tahun sebelumnya tidak pernah teraweh di musholla, dengan beragam alasan yang menghalangi. Mengurus bapak yang sakit, mengurus embah yang sakit, mengurus cucu, kecapek'an mengurus rumah, kurang sehat, dan beragam alasan lainnya.

Ramadhan tahun ini aku membujuk ibu untuk teraweh di musholla.

"Ayo bu teraweh di musholla, belum tentu tahun depan kita dapat kesempatan ketemu Ramadhan lagi. Sayang bu, obral pahalanya kalau nggak dimanfaatin."

Mungkin awalnya ibu malu karena sholatnya duduk di kursi. Sudah beberapa tahun ini ibu sholat di kursi, karena tidak sanggup untuk melakukan sholat seperti orang-orang yang sehat.

Kenapa ibu harus malu sholat duduk di kursi? Mestinya yang malu adalah mereka yang mengaku muslim tapi tidak sholat. Karena yang pertama kali akan dipertanggung jawabkan ketika meninggal adalah sholat kita.

Alhamdulillah rayuanku bisa membangkitkan semangat ibu untuk sholat teraweh di musholla. Beberapa hari pertama, aku bolak balik menggotong kursi ke musholla. Tapi berkat saran salah seorang pengurus musholla, kursinya bisa dititipkan di musholla jadi tak perlu menggotong-gotong kursi lagi.

Senang rasanya melihat ibu bersemangat teraweh di musholla, semoga bisa menggugah hati mereka yang masih sehat jasmani dan rohani-nya untuk sholat berjama'ah di musholla. Sayang kalau musholla-nya dibangun bagus-bagus tapi tidak ada yang memakmurkannya.

Ya Allah Ya Rahman, tak hentinya kumemohon padaMu. Limpahkanlah kepada kami kesehatan jasmani dan rohani serta sehat iman Islam kepada kami. Ijinkanlah untuk dapat memaksimalkan ibadah kepadaMu. Untuk bekal kami menghadapMu di akhirat kelak. Tolong wafatkan kami dalam keadaan khusnul khotimah Ya Rabb. Aamiin aamiin Allahumma aamiin.

0 comments: