Monday, January 25, 2010

Pertemuan Pertama Dengan Ust. Yusuf Mansyur

Jum'at kemarin (7 Safar 1431 H), alhamdulillah Allah memberiku kesempatan untuk mengikuti halaqoh yang dipimpin Ustad Yusuf Mansyur. Sebenarnya sudah lama aku mengetahui ada kegiatan rutin tersebut setiap Minggu ke-4 di Mesjid Al Azhar - Kebayoran Baru. Tapi baru kali itu aku mendapat kesempatan untuk mengikutinya.

Aku datang bersama 2 orang teman kampus, acara sudah dimulai sejak pukul 19.30. Sementara kami datang 1 jam setelah acara dimulai. Lumayan banyak yang hadir di acara tersebut. Kami langsung menempati barisan di belakang yang masih kosong.

Ada satu hal yang membuatku semakin kagum dengan Ustad Yusuf Mansyur. Ketika ada seorang ibu yang memberikan pertanyaan. Jadi ibu itu awalnya menjual rumah untuk ongkos pergi haji. Tapi ternyata anaknya yang sudah menikah punya hutang banyak akibat suaminya tidak bertanggung jawab dengan pernikahannya. Akhirnya uang hasil jual rumah digunakan untuk menutupi hutang-hutang anaknya tersebut. Ibu itu meminta anaknya untuk bercerai dari suami yang tidak bertanggung jawab. Ibu tersebut bertanya, apakah dosa jika saya meminta anak saya untuk bercerai?

Ustad Yusuf Mansyur terdiam cukup lama. Katanya masalah seperti ini gak bisa sembarangan memberi jawaban.

Kemudian Ustad Yusuf Mansyur menugaskan seseorang bernama Umar untuk mengikuti ibu tersebut ke rumah. Mengecek apakah mantunya punya sesuatu yang dijadikan Tuhan olehnya. Selain itu juga ditugaskan untuk mendidik ibu dan keluarganya mengenai ibadahnya.

Subhanallah, secepat itu beliau bergerak. Baru kali ini aku melihatnya ada seorang ustad yang bertindak langsung seperti itu. Salut untuk Ustad yang bertindak begitu cepat.

Fungsi jama'ah adalah saling mengingatkan dan saling memberi semangat.

2 comments:

Tuteh said...

Sejak lama pengen ketemu dengan para Ustadz yang sering ada di televisi ;D hehe... pengen tanya langsung sama mereka banyak hal... hehehe...

Linda said...

@Tuteh: kalau lagi di Jakarta, datang aja say ke Al Azhar kebayoran Baru setiap Jum'at minggu ke-4 ;)