Monday, February 23, 2009

Urgensi Memilih Pergaulan Demi Aqidah

Rasulullah SAW bersabda: "Seseorang bisa terpengaruh oleh agama dan kawan karibnya. Maka hendaklah salah seorang dari kamu memperhatikan dengan siapa kita bergaul." [Hadist Riwayat Abu Daud & Turmudzi]

Atas nama solidaritas pertemanan, seseorang bisa berubah dari manusia yang berbeda karna banyak sebab, diantaranya: takut dimusuhi, dijauhi, dsb.

Karena agama, kita mengubah diri kita menjadi lebih tenang. Sebab agama mengajarkan kita untuk disiplin.

Yang lebih baik, jika kita mendapatkan kawan karib yang dapat membuat agama kita menjadi lebih baik. Jangan sampai agama kita dipertaruhkan karena pertemanan.

Aqidah adalah salah satu hal yang diperhatikan Allah. Rasulullah membutuhkan waktu yang panjang untuk mendidik para sahabatnya.

Ada 2 Manhaj atau penanaman Aqidah:

1. Manhaj yang benar dan lurus: dilakukan oleh golongan umat yang ditanamkan keimanannya baru diturunkan Al Qur'an kepada mereka. Golongan para salafus soleh dan golongan para sahabat.

2. Manhaj partial / sebagian: terjadi pada golongan umat yang pertama didatangkan Al Qur'an pada mereka. Namun pada akhirnya Al Qur'an itu menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Menghafal Al Qur'an baru kemudian memilah mana yang mau diamalkan, mana yang tidak. Biasanya suka menukil sebagian ayat dan menambahkan dengan penggalan ayat yang lain.

Khawarij: ibadahnya bagus tapi sering melakukan penyimpangan.

Semoga kita tidak termasuk ke dalah golongan Kaum Khawarij. Aamiin

0 comments: