Monday, February 04, 2008

Jadi Korban Banjir Lagi

Jum'at, 1 Feb 08

Sekitar jam 11.00 WIB dapat SMS dari mbak Kiky yang ngasih tau kalo di rumahnya air dah masuk. Langsung aja telp rumah dan tanya kondisi rumah. Ternyata di rumah air dah mulai masuk. Jam 13.51 WIB mbak Kiky SMS lagi katanya di dalam rumah dia dah selutut. Trus liat berita di tv, dimana-mana banjir. Makin panik dan gak konsen kerja, kepikiran rumah terus.

Dah kebayang gimana capeknya bersih-bersih rumah abis banjir. Th lalu tepatnya tgl 2 dan 4 Feb 07, rumahku juga sempat kebanjiran. Banjirnya lebih parah dari tahun ini, di dalam rumah sampe 1,5 meter. Untung banyak pasukan alias teman-teman yang berbaik hati bantuin bersihin lumpur-lumpur di dalam rumah.

Back to story. Jam 16.00 telpon ke rumah yang ngangkat kakak cowok, dia bilang di dalam rumah selutut. Astaghfirullahaladzim... makin kepikiran deh. Trus langsung minta ijin sama atasanku untuk pulang lebih cepat. Alhamdulillah diijinin. Jam 16.30 aku bergegas meninggalkan kantor. Dari kantor jalan kaki sampe di komdak or sebrang Plangi, trus naik mobil Cikarang - Blok M. Dari Blok M naik metromini 69 cuma sampe Lemigas. Dari Lemigas jalan kaki sampe perdatam, nyambung naik angkot 06 ke arah Pondok Aren. Di tengah jalan, diturunin lagi dg alasan banjir. Nyambung angkot lagi, naik D18 sampe di pojok trus nyambung S14 sampe Petukangan.

Selama di perjalanan 3x telp rumah, dan kakak cowok bilang blom bisa masuk rumah karna masih selutut. Ya Allah... sedih banget. Akhirnya telp kakak pertama yang rumahnya kebanjiran juga karna rumahnya tetanggaan. Kata kakak pertama, ibu, kel kakak pertama dan adek ipar linda mau ngungsi di rumah kakak nomor 4 di daerah Kreo. Ya wes, Linda bilang mau ngungsi aja di rumah temen kampus (Dila). Yang rumahnya gak jauh dari kampus.

Sempet numpang sholat di rumahnya om. Om sampe bingung kok Linda diem aja, maap om kepikiran rumah terus soale. Jam 20.30 pamit sama om mau ke rumah Dila. Niatnya mau ngungsi bareng Henny yg kebetulan rumahnya juga sering dimasukin air. Sekitar jam 22.00 SMS kakak pertama, nanyain dah jadi ngungsi ke Kreo blom. Kakak bilang, boro-boro ngungsi, wong gak bisa ke Kreo karna akses ke sana terkepung air. Dan kakak bilang di rumah lagi pada kelaperan nunggu jatah nasi bungkus. Ya Allah... miris banget ya

Langsung kuurungkan niat ngungsi di rumah Dila, siapa yang tega juga denger keluarga kelaperan dan kedinginan. Akhirnya telp Henny, nitip beliin nasgor 5 bungkus. Niatnya mau makan nasgor bareng Henny & Dila, tapi gak jadi. Lumayan lama juga nunggu Henny sampe rumah Dila karna motornya Henny mogok di jalan. Sekitar jam 23.00 WIB pamit sama Dila dan Henny trus langsung meluncur ke rumah. Ibu, kakak pertama dan ponakan Linda masih ngungsi di pos kamling.

Ngeliat air dah surut, kuajak ibu untuk pulang. Dan kakak pertama, kuberi 2 bungkus nasgor untuk keluarganya. Sementara di rumah, kakak cowokku lagi mengepel lantai. Sedih banget liat kondisi rumah. Menginjak ubin serasa menginjak es batu. Jam 00.00 WIB baru tidur, aku dan ponakan pertama tertidur di atas kursi di ruang tamu. Sementara ibu tidur di kamar, kakak cowok pun kecapek'an tidur di kamar. Sedangkan adikku beserta istri dan anaknya masih ngungsi di rumah tetangga.

Sekitar jam 01.00 aku terbangun karna nyamuk-nyamuk berpesta menghisap darahku dan ponakanku. Lalu kuajak ponakanku pindah ke kamar. Tapi hawa di kamar masih diiiiiiiingin. Sabtu pagi, waktunya bersih-bersih. Aku mengepel setiap ruangan berkali-kali, hingga aku dah yakin lantainya bersih. Setiap ruangan aku pel 5 - 7 kali.

Sejak jadi korban banjir tahun lalu, setiap kali dengar ujan deras disertai angin dan berlangsung cukup lama. Aku selalu berdoa semoga gak banjir lagi.

0 comments: