Friday, February 09, 2007

Phobia Hujan

Baru aja seneng banjir dah surut pas hari Jum'at, eh hari Selasa sekitar jam 02.00 hujan deras turun lagi dilengkapi sama gledek yg menakutkan juga angin kencang. Serasa itu gledek pecah di atas kepala. Rumah jadi pada bocor, dan gak bisa tidur lagi. Langsung siap2 kalo air naik lagi. Angkat semua barang2 ke atas lemari. Bener aja sekitar jam 03.00 air langsung naik. Buru2 deh minta ibu dan adik ipar plus anaknya [Ikhsan, 6bln] menyelamatkan diri keluar rumah. Sementara aku sibuk menyelamatkan baju2 yg masih kering blom terendam banjir, setelah semua baju masuk kantong plastik besar aku meninggalkan adikku yg masih sibuk menyelamatkan barang2. Kami berkumpul di salah satu rumah tetangga yg berada persis di depan mulut gang.

Hujan deras masih mengguyur dan air semakin meninggi. Sekitar jam 07.00 air mulai menggenangi halaman di rumah yg kita jadiin tempat ngungsi. Akhirnya aku mengajak ibu, adik ipar, ikhsan dan keluarga kakakku yg pertama yg rumahnya juga kebanjiran ngungsi ke rumah sodara yg rumahnya tak jauh dari rumahku. Sampe disana kami dibuatkan teh hangat dan dibuatkan sarapan. Ya Allah, sedih banget deh. Jadi ngerepotin banyak orang. Ya Rabb, tolong hentikan banjir yg membuat kami semakin menderita.

Abis dzuhur kakak pertama sms, katanya air dah surut. Aku tinggalkan ibu di rumah sodara, dan aku langsung bergegas ke rumah. Alhamdulillah listrik langsung nyala, tapi karena mesin air kerendam banjir jadi blom bisa dinyalain akhirnya kembali merepotkan tetangga sebelah rumah minta air untuk bersihin rumah dari lumpur. Alhamdulillah banyak temen2 adik yg ikut bantuin. Setelah selesai ngepel rumah dg wipol biar bau amis dari air banjir ilang, aku masih di rumah istirahat dan nunggu Heru untuk benerin mesin air. Kebetulan Arin juga mau dateng ngembaliin laptopnya Heru yg dipinjem untuk sidang. Alhamdulillah Arin lulus dg nilai B, selamat ya nek. Hari itu kami kembali mendapatkan jatah nasi bungkus dari posko yg didirikan di rumah ketua RT. Saat itu aku bener2 gak bawa duit sepeser pun, sampe2 waktu mo beli minum aku minta duit sama tetangga dua ribu perak. Ya Allah sedih banget. Yang lebih menyedihkan lagi aku sms Arin, minta dibawain nasi bungkus buat aku, Heru dan 2 orang teman adik yg bantu2 bersihin rumah.

Ibu telpon dari rumah bu'deh, katanya beliau ngungsi disana dan aku diminta nyusul kesana. Setelah Arin pamit, aku langsung melahap nasi bungkus yg dia bawain. Padahal ini perut dah main orkes dari tadi. Gak enak aja kalo sampe rumah bu'deh masih kelaperan. Setelah nemenin Heru beli pulsa, baru deh dianter ke rumah bu'deh. Di rumah bu'deh juga baru tidur jam 23.00 soale gak enak dateng2 langsung tidur sementara tuan rumah blom pada tidur masih sibuk bikin kue untuk dijual besok pagi. Padahal dah capek banget dan ngantuk berat. Akhirnya setelah semua penghuni rumah tidur, aku pun ikut tidur. Hari Rabu, abis sholat subuh aku dan ibu pamitan sama bu'deh dan keluarganya untuk pulang dan benahin rumah. Aku mulai beres2 rumah, sementara ibu menyiapkan makanan. Rencananya hari ini tembok samping rumah yang rubuh diterjang air banjir bakal dibenerin lagi. Alhamdulillah berkat gotong royong banyak orang termasuk Heru dan 2 orang sahabat adik yg udah kek keluarga sendiri. Alhamdulillah tetangga depan rumah yg tadinya terlihat gak peduli, kemaren ikut membantu nebang pohon bambu di belakang rumah sama kakak laki2ku dan juga ikut menyumbang untuk membangun tembok belakang rumah yg jebol dan mengakibatkan rumah kami seperti lautan.

Sementara para lelaki sibuk mendirikan tembok, aku sibuk menyikat kursi meja makan yg terendam banjir dan juga mengepel rumah biar kuman2nya mati. Rencananya hari Kamis mau ngantor, tapi karna kecapek'an badan lemes banget. Hari ini baru ngantor lagi, tapi masih was2 soale hujan masih turun. Semoga gak banjir lagi. Dan sekarang setiap kali hujan turun, aku langsung deg2an dan takut banjir lagi. Jadi Phobia sama hujan euy.

Untuk para sahabat, sodara, donatur dan semuanya, terima kasih atas perhatian dan bantuannya. Semoga Allah selalu melimpahkan berkah, rahmat dan ridhoNya kepada kalian semua. Semoga Allah SWT mengabulkan semua doa kalian semua. Terima kasih yg tak terhingga.

0 comments: