Monday, January 29, 2007

Museum Fatahillah Di Malam Hari

Museum Fatahillah yang juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia adalah sebuah museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat dengan luas lebih dari 1.300 meter persegi.

Gedung ini dulu adalah Stadhuis atau Balai Kota, yang dibangun pada tahun 1707-1710. Bangunan balaikota itu serupa dengan Istana Dam di Amsterdam, terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara.

Pada tanggal 30 Maret 1974, gedung ini kemudian diresmikan sebagai Museum Fatahillah.

Pertama kali kesini waktu jaman SD pas study tour, dah lama banget euy. Hari Sabtu kemaren berkunjung lagi kesana tapi pas malam hari. Waaaah rame loh ternyata, tapi hanya di luar Museum aja. Karena Museumnya udah tutup. Saat itu banyak sekali anak2 ABG yang berdandan layaknya seorang putri sedang bergaya di depan kamera. Aku pikir ada acara pemotretan dari Majalah Remaja mana gitu, ternyata mereka foto disana untuk diabadikan di buku tahunan. Waaaah keren bo. Jaman sekolah dulu buku tahunannya cuma dari foto 4 x 6 aja.

Kami pun gak mau ikut ketinggalan untuk berpose di sekitar gedung Museum. Jadi Museum Fatahillah di malam hari menjadi objek foto yang digemari banyak orang. Termasuk saya dan teman-teman. Ada yang punya referensi objek yang bagus lagi? Mau donk informasinya ;)

0 comments: