Friday, July 07, 2006

Agar Terhindar Dari Stress Saat Skripsi

Periode ini sebagian besar sobatku sedang menjalani skripsi. Tergambar dari wajah² mereka kepanikan dan stress yg luar biasa. Pada awalnya aku sempat heran bukan kepalang pada seseorang yg sangat santai walau sedang skripsi. Tapi ketika dateline sudah mepet dan harus daftar sidang, baru deh kepanikan & stress yg luar biasa itu dimulai.


Hampir setiap hari begadang karena dikejar dateline yg super duper mepet *katanya sekarang tiada hari tanpa skripsi*. Diajak ngomong gak nyambung *bener² stress berat keknya*. Pergi ke suatu tempat tanpa tujuan yg jelas *kalo yg ini emang kurang kerjaan euy :P*. Belum lagi dosen pembimbing yg mendadak sakit dan gak bisa ditemui untuk bimbingan. Alhasil cari info ttg dosen pengganti. Ditambah lagi program yg gak jalan dan masih banyak yg eror. Pfiuuuuh... kerasa deh gimana stress & paniknya. Padahal hari Senin, 10 Juli 2006 hari pertama sidang skripsi.

Berdasarkan fakta tersebut diatas, aku mengambil kesimpulan dan mungkin juga sebagai tips untuk diri sendiri untuk menghadapi skripsi nanti.

Yang Pertama: cari topik yg sesuai dg minat kita.

Jangan pernah memaksakan diri mencari topik yg tidak kita minati, dijamin akan kesusahan sendiri saat mencari data & dokumen pendukung. Mencari ide untuk skrispi memang tidak mudah. Tapi jangan pernah berhenti berusaha sampai kau temukan ide yg sesuai dg minatmu.

Berdasarkan pengalaman pribadi, aku mulai mencari ide di bulan September 2005. Ide itu baru aku temukan sekitar bulan Januari 2006. Setiap hari googling mencari sang ide itu berada, tiba² aku terdampar di salah 1 situs universitas swasta dan kutemukan ide itu disitu, alhamdulillah.

Yang Kedua: tanyakan ide yg sudah di dapat kepada dosen pembimbing.

Jika sudah menemukan ide, langsung tanyakan pada dosen pembimbing apakah topik tsb boleh untuk skripsi atau tidak. Jika diperbolehkan langsung cari data & dokumen pendukung dan persiapkan jauh² hari. Biasakan mengerjakan segala sesuatu di awal waktu. Karena mencari data & dokumen pendukung itu juga gak gampang. Selain itu waktu yang diberikan untuk skripsi pun sangat singkat hanya 3 bulan. Tetap harus bersahabat dengan mbah google ;).

Tetapi jika topik tsb tidak disetujui oleh dosen pembimbing, kembali ke tahap awal. Cari ide yg lain dan tanyakan terlebih dahulu kepada dosen pembimbing sampai mendapat persetujuan dari beliau.

Yang Ketiga: pilihlah dosen pembimbing yang disiplin.

Jika dosen pembimbingnya disiplin, otomatis mahasiswa yg dibimbingnya pun ikut disiplin. Dan tidak akan mungkin mengalami stress dan kepanikan yg luar biasa ketika dateline sudah di depan mata. Lebih baik selesai di awal waktu, sehingga sisa waktu yang ada bisa dipergunakan untuk lebih mendalami materi dan menyiapkan diri saat sidang nanti.

Yang Keempat: jangan pernah memberitahukan ide kita kepada orang lain.

Bukannya ngajarin pelit, tapi nyari ide bukan pekerjaan gampang. Benar kata orang, ide itu mahal harganya. Ada satu kasus yg menimpa seorang teman yg skripsinya di copy abis. Padahal 1 dosen pembimbing loh mereka. Hal ini bisa menyebabkan mereka tdk lulus sidang. Sia² deh tuh dan kerja keras mati² -an trus gak lulus sidang. Semoga hal ini gak terjadi pada para sobatku dan diriku.

Yang Kelima: buat back up min 3.

Untuk menghindari hal² yg tidak diinginkan, tidak ada salahnya jika kita membuat back up skripsi kita minimal 3. Bisa juga kita simpan di email yg kita punya. Jadi send dari email yg satu ke email yg lainnya.

Yang Keenam: mendaftar sidang di awal waktu.

Ada nilai plus yg akan kita peroleh jika mendaftar sidang di awal waktu karena keberanian kita maju di awal waktu. Oh ya, denger kabar kalo my sister ku ini mendapatkan kesempatan menguji hasil skripsinya di Hari pertama sidang yaitu Senin 10 Juli 2006 dan jam pertama. Didoakan semoga dimudahkan dan dilancarkan ya sist, sukses buat sidangnya & mendapatkan nilai yg memuaskan, amin.

Yang Ketujuh: kuasai materi.

Jika sudah mengetahui jadwal sidang, persiapkan diri dengan menguasai materi yg akan kita perlihatkan kepada para dosen penguji. Ini salah 1 kunci agar kita bisa tenang saat sidang skripsi.

Yang Kedelapan: jaga kesehatan.

Selama skripsi mungkin akan sering begadang agar skripsi dpt cepat selesai. Tapi setelah skripsi kita dinyatakan beres oleh dosen pembimbing, jaga kesehatan diri. Agar tetap fit saat waktunya sidang. Jika badan kita sehat, insya Allah kita pun akan tenang saat sidang berjalan.

Ayo... yg masih pada stress, buruan deh dikejar tuh skripsi biar cepet beres. Jangan sampe pas waktunya sidang malah sakit. Sia² deh perjuangannya, semoga para sobatku yg sedang skripsi saat ini diberikan kesehatan selalu terutama saat sidang nanti, amin.

Yang Kesembilan: tenang.

Saat tiba waktunya sidang, ketenangan ini sangat diperlukan. Jika kita sudah menguasai materi, kondisi badan kita sehat, otomatis kita akan merasa tenang saat sidang dan insya Allah bisa menjawab semua pertanyaan dari para dosen penguji.

Yang Kesepuluh: jangan ngotot.

Terkadang kita merasa pendapat kita sudah benar, sedangkan dosen penguji merasa pendapatnya juga benar. Lebih baik jangan ngotot dan memaksakan dosen penguji untuk membenarkan pendapat kita. Ingat kata pepatah: dosen itu tidak pernah salah ;).

Dari kesembilan tips diatas yang paling utama adalah berdoa dan menyerahkan segala sesuatunya sama Allah. Jangan lupa mencium tangan kedua ortumu bagi yg masih punya ortu lengkap sebelum berangkat sidang, dan mohon doa restu mereka. Berbaik hatilah pada semua orang dan mohon doa dari mereka semua.

Setelah selesai skripsi dan dinyatakan lulus, jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yg terkait terutama pd dosen pembimbing dan gak ada salahnya memberikan sesuatu sebagai ucapan terima kasih padanya. Setelah itu berilah penghargaan pada diri sendiri atas semua kerja keras dan hasil yang dicapai.

Pfiuuuh... kok jadi aku ya yg deg² -an, padahal aku baru mau skripsi periode berikut (insya Allah). Doakan ya teman, semoga topik yg sudah kusiapkan jauh² hari tidak ditolak sama dosen pembimbing.

Ok, untuk semua sobat yg akan menjalani sidang skripsi semoga dimudahkan dan dilancarkan segala urusannya. Sukses buat sidang skripsinya, semoga hasilnya memuaskan, amin.


0 comments: