Wednesday, August 24, 2005

Pesta Rakyat

Sudah menjadi tradisi bagi negeri ini dan seluruh bangsa yang tinggal di negeri lain untuk ikut berperan serta memeriahkan hari kemerdekaan dengan berbagai acara. Yang sudah menjadi tradisi adalah pertandingan yang dilakukan sebelum tanggal 17 Agustus, biasanya dimulai dari awal Juli. Lalu dilanjutkan dengan acara syukuran yang diselenggarakan pada malam tanggal 17. Tak kalah serunya adalah perlombaan yang diselenggarakan pada tanggal 17 Agustusnya. Setelah itu biasanya, acara puncak diselenggarakannya panggung hiburan yang di dalamnya terdapat pemberian hadiah kepada para pemenang.

Pertandingan menjelang Hari Kemerdekaan


Biasanya sebelum tanggal 17 Agustus, dimeriahkan dengan berbagai macam pertandingan baik antar RT di lingkungan rumah, antar kelas di lingkungan sekolah, antar fakultas di lingkungan Universitas, antar divisi di lingkungan kantor dan lain sebagainya. Pertandingan yang diadakan pun beragam. Mulai dari pertandingan catur, panco, bulu tangkis, tenis meja, bola voli, sepak bola, tarik tambang, basket, sepeda hias, dan berbagai macam pertandingan lainnya. Tiap orang berusaha untuk bisa turut serta dalam pertandingan tersebut. Hadiah yang diberikan pun beragam rupanya. Mulai dari uang tunai maupun berupa barang. Apapun bentuk hadiahnya, yang terpenting adalah keikutsertaan kita dalam memeriahkan pertandingan yang diselenggarakan. Dengan adanya pertandingan ini, terkadang membuat kita menjadi lebih akrab dengan orang lain. Mungkin karena rutinitas yang membuat kita tidak sempat untuk berkumpul dengan lingkungan sekitar. Tapi tak jarang pula, pertandingan ini malah membuat perpecahan antar warga. Hal ini yang mestinya kita cegah. Karena tujuan dari pertandingan yang diadakan adalah untuk menyatukan warga bukannya malah memecah belah warga. Biasanya hal ini terjadi karena ulah segelintir orang yang menjadi provokator. Semoga saja hal seperti ini tidak terjadi lagi di masa yang akan datang. Justru malah akan menambah keakraban dan tali persaudaraan diantara para peserta pertandingan. Amin

Syukuran di Malam 17 Agustus


Bagian dari pesta rakyat lainnya adalah acara syukuran yang diadakan pada malam 17 Agustus. Acara ini biasanya diselenggarakan di lingkungan RT. Jadi setiap RT mengadakan acara syukuran ini. Untuk acara ini biasanya disuguhi tumpengan (nasi putih/nasi kuning; kering tempe; urapan: toge, bayam, kol, daun singkong, kacang panjang; tempe & tahu bacem; ayam goreng; telur rebus; kerupuk/peyek teri). Yang dimasak secara bergotong royong oleh ibu² dan remaja putri yang ada di lingkungan tersebut pada tanggal 16nya. Dananya diperoleh dari sumbangan para warga dan donatur. Acara syukuran, biasanya dimulai setelah sholat Isya. Di situ akan berkumpul semua warga (tanpa terkecuali), dari anak2 sampai orang tua. Indah sekali rasanya melihat kebersamaan dan kekeluargaan yang terjalin. Keakraban pun semakin terasa. Semoga saja suasana keakraban dan kekeluargaan yang telah terbina tidak akan pernah luntur dan menjadikan negeri ini, negeri yang penuh rasa kekeluargaan dan kebersamaan. Semoga saja, anak cucu saya nanti dapat juga merasakan hal yang sama. Amin

Kemeriahan di Hari Kemerdekaan

Nah di hari "H" alias tanggal 17 nya, sudah jadi kebiasaan kalo lombanya dimulai setelah anak2 sekolah pulang dari upacara bendera di sekolahnya masing2. Beragam perlombaan digelar, ada lomba makan kerupuk, lomba joget jeruk, lomba ambil duit di jeruk yg diolesi areng yg dihaluskan ditambah minyak goreng, lomba nangkep belut, lomba berjalan dengan membawa kelereng dengan sendok, lomba memasukan benang ke dalam jarum sambil berjalan, lomba memasukan pensil ke dalam botol, lomba memindahkan bendera, lomba melukis dengan mata tertutup, lomba gebuk guling, lomba mengiris bawang merah, lomba panjat pinang, sepak bola bapak2 dengan memakai daster, sepak bola ibu2 & remaja putri, dan lomba² lainnya. Yang paling berkesan dan gak akan pernah terlupakan dalam hidup ini waktu jaman SD ikutan lomba mengiris bawang merah. Waaaaah... tau sendiri deh bawang merah itu kan bikin mata ini jadi berkaca2 . Tapi dengan semangat 45, akhirnya bisa mendapatkan juara ke-2 lomba mengiris bawang merah. Itu pipi sampe basah karna air mata yang mengalir. Tapi seneng banget deh, bener2 pengalaman yang tak terlupakan. Ternyata sering bantu ibu di dapur bisa bikin jadi juara ke-2 loh .... hehhehe :D. Makasih ya bu, dah ngajarin ngiris bawang yang baik dan benar .... ;). Back to story, biasanya sih lomba yang paling ditunggu adalah panjat pinang, karna seru dan menggemaskan. Gimana gak menggemaskan, lah wong udah mau sampe atas trus jatoh lagi karna licin. Kalo ada yang berhasil sampe puncak, kita semua yang nonton ikutan seneng. Padahal kita kan kebagian hadiahnya ya, tapi kita ikut seneng karna akhirnya ada yang berhasil mendapatkan hadiahnya.

Acara Penutup

Acara terakhir adalah panggung hiburan dengan maksud menutup berbagai rangkaian acara 17-an. Di acara ini, biasanya disajikan berbagai hiburan mulai dari tarian² daerah dan modern yang dibawakan oleh anak2 kecil dan remaja putra/putri. Dan berbagai macam bentuk hiburan lainnya. Selain itu diselingi dengan pemberian hadiah dari para pemenang pertandingan dan lomba yang diadakan. Semoga kemeriahan seperti ini akan tetap dapat dirasakan sampai anak dan cucu kita nanti. Semoga di jaman anak dan cucu kita nanti, lombanya lebih kreatif dan inovatif. Misalnya saja seperti lomba2 yang diadakan oleh Blogfam diantaranya lomba pantun, lomba entry blog & lomba foto yang berkaitan dg acara 17-an. Dirgahayu negeriku tercinta... Dirgahayu bangsaku!


-----------

Untuk Negeriku Tercinta....

Tuhan...
Kupanjatkan puji syukur kehadiratMu
Atas segala nikmat dan karuniaMu
Kepada negeri ini dan kami semua

Tuhan...
Bimbing dan tuntunlah para pemimpin negeri ini
Agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya
Dengan sebaik-baiknya

Tuhan...
Bimbing dan tuntunlah kami
Semua anak negeri ini
Untuk dapat selalu
Membawa harum nama bangsa

Tuhan...
Semoga kemiskinan, kebodohan dan ketidakadilan
Serta hal buruk lainnya
Yang terjadi di negeri ini
Dapat segera terhapuskan

Tuhan...
Jadikan negeri ini
Negeri yang penuh kedamaian
Negeri yang penuh cinta
Negeri yang makmur, adil dan sejahtera

Tuhan...
Segalanya kuserahkan padaMu
Aku yakin dan percaya
Engkau akan selalu memberikan yang terbaik
Kepada kami semua

Terima kasih Tuhan, Amin

0 comments: