Monday, December 08, 2003

HONEY, I GOT A NEW PHONE!

Bergaya dengan ponsel canggih boleh-boleh saja. Asal tahu cara memanfaatkannya!

Bukan Hiasan Belaka
Di masa kini, ponsel sudah jadi bagian dari gaya hidup. “Telepon seluler bukan sekadar alat komunikasi lagi, melainkan sudah jadi gadget,” ujar RM Roy Suryo. Artinya, fitur-fitur yang terdapat pada ponsel dirancang sedemikian rupa untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Selain untuk berhalo-halo dan ber-SMS, ponsel juga bisa dimanfaatkan untuk menerima faks, menerima e-mail, akses internet, hingga layanan mobile banking.

Sekarang coba periksa kembali ponsel Anda. Fasilitas apa saja yang telah Anda manfaatkan? “Jangan sampai Anda termasuk 50% orang Indonesia yang beli ponsel lebih karena penampilan dibandingkan nilai gunanya,” kata RM Roy Suryo.

Tips: Sebetulnya beli ponsel canggih sah-sah saja. Hanya saja, Anda perlu pertimbangkan lagi manfaat yang didapat. Sebelum memutuskan beli ponsel, kenali dulu kebutuhan Anda. Agar bisa memanfaatkannya secara maksimal, pilih jenis ponsel yang paling sesuai dengan aktivitas.

Hemat Baterai Pangkal Kaya
Tak hanya ponsel yang butuh perhatian. Baterai ponsel juga perlu dirawat agar tahan lama. Apalagi baterai punya peran yang sangat penting. Anda pasti sudah pernah dengar istilah baterai “bocor”. Hal ini sering terjadi jika Anda kurang hati-hati saat mengisi ulang baterai (battery charge). Terutama baterai jenis nickel cadmium (NiCad) dan nickel-hydride (NiMH) yang cukup rentan. Meskipun Anda punya baterai jenis Lithium-ion (Li+) yang terkenal sangat kuat, tetaplah hati-hati menggunakannya. “Sebaiknya baterai dalam keadaan kosong saat diisi kembali,” ujar Roy Suryo. Aktivitas yang padat sering membuat Anda tak sabar menunggu baterai habis sama sekali. Padahal mengisi baterai yang belum kosong menyebabkan memory effect hingga mengurangi kemampuan baterai. Akibatnya, baterai pun “bocor” alias kapasitas berkurang.

Tips: Lengkapi peralatan Anda dengan desktop charger untuk mengosongkan isi baterai sebelum diisi kembali. Cara ini akan membuat baterai Anda tetap awet.

Ponsel Anda di Luar Negeri
Ibarat paspor, Anda sering merasa wajib membawa ponsel saat bepergian ke luar negeri. Alasannya untuk memudahkan komunikasi. Sebetulnya, cara ini belum tentu efektif. Ada risiko ponsel yang Anda bawa tak bisa dipergunakan di luar negeri. “Yang pertama harus dilakukan, kenali dulu sistem komunikasi di negara yang Anda tuju,” ujar RM Roy Suryo. Sistem komunikasi di beberapa negara memang berbeda. Seperti misalnya Amerika dan Jepang menggunakan sistem tri-band, sementara negara-negara Eropa menggunakan dual-band (baca: box).

Demikian juga sebaliknya. Bagi Anda yang kerap wara-wiri ke luar negeri dan tertarik beli ponsel baru, perhatikan baik-baik sistem komunikasi yang dipergunakan di negera yang bersangkutan. Lagipula buat apa beli ponsel di luar negeri? Sebetulnya teknologi ponsel di Indonesia tak jauh ketinggalan dibandingkan negara lain. Harganya pun tak jauh berbeda. “Jadi tak perlu jauh-jauh beli di luar negeri,” ujar RM Roy Suryo.

Tips: Ponsel efektif dipergunakan di luar negeri untuk fasilitas SMS. Biayanya jauh lebih murah dibandingkan menelepon langsung. Apalagi berkirim SMS di luar negeri tak dikenai biaya roaming internasional.

Pick The Right One!
Memilih ponsel gampang-gampang susah. Apalagi saat ini tersedia banyak pilihan dari berbagai merek dan harga. Ingat selalu, sesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda wanita aktif yang sering bekerja di lapangan, bentuk ponsel yang ringan akan lebih menunjang aktivitas. Pilih ponsel yang bisa dikalungkan di leher untuk mengurangi risiko hilang atau tertinggal.

Untuk Anda yang super sibuk dan harus selalu berkomunikasi dengan orang lain, tak salah jika memiliki dua ponsel. Ini bukan hanya untuk gaya-gayaan. “Yang penting dua ponsel ini masing-masing punya kelebihan yang berbeda. Misalnya satu ponsel untuk berkomunikasi, sedangkan ponsel lain untuk fasilitas menerima fax,” saran RM Roy Suryo.

Tips: Jangan terjebak pada dua ponsel berbeda merek tapi punya fasilitas sama. “Anda nanti malah kerepotan harus membawa dua battery charger yang berbeda,” kata RM Roy Suryo.

Pintar Pilih Operator
Tak hanya ponsel, Anda juga harus jitu memilih operator penyedia jasa komunikasi. Masing-masing operator menyediakan fasilitas yang berbeda. Anda bisa pilih jenis pasca bayar (postpaid) atau prabayar (prepaid). Kartu prabayar sangat praktis karena Anda tak dikenai biaya abonemen. Sedangkan kartu pasca bayar punya tarif percakapan yang relatif lebih murah. Sekali lagi sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Mobilitas Anda juga jadi faktor penentu. Jika Anda sering bepergian ke luar kota, pilih operator yang menyediakan jasa bebas roaming. Anda tak akan terlalu boros menghabiskan pulsa telepon saat berada di luar kota. Sebaliknya, jika Anda tinggal di kota besar dan tak sering bepergian, pilih operator dengan jangkauan (coverage) luas. Suaranya tetap jernih meski Anda berada di gedung bertingkat.

Tips: Tiap operator menerapkan sistem pembayaran yang berbeda. Ada yang dibulatkan per 60 detik, 45 detik, 15 detik dan lain-lain. “Sebaiknya Anda tak perlu terlalu memusingkan urusan ini. Yang penting, pilih operator yang bisa memberikan pelayanan prima,” saran RM Roy Suryo.

0 comments: