Monday, October 27, 2003

Tetap Sehat Saat Berpuasa

Rasa pusing dan mual seringkali dialami. Hal ini disebabkan krn tubuh mengalami detoksifikasi secara alami. Dengan berkurangnya makanan yg biasa masuk ke dalam tubuh membuat organ2 tubuh seperti hati dan limpa tidak bekerja secara normal seperti biasanya.
Menurut catatan medis, pada saat berpuasa racun2 yg dibuangpun 10x lebih banyak, sehingga bertumpuk pada aliran darah. Itulah yg menyebabkan kepala menjadi pusing. Tapi tak perlu khawatir, karena racun yg dikeluarkan lebih banyak dari biasanya, paling tidak proses penuaan bisa di rem untuk sementara. Tentu saja Jika melakukan puasa dengan benar, wajah akan tampak segar dan berseri2.
Dr. Wardini Surjit, MSc., dokter ahli kecantikan menganjurkan untuk membekali tubuh dengan makanan yg mengandung magnesium. Vitamin ini banyak terdapat pada sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan kangkung. Magnesium dapat meredakan kondisi saraf yg tegang, stress dan membantu kita tidur dg nyenyak.
Pada saat berbuka, sebaiknya minum teh herbal seperti teh chamomile atau green tea. Teh herbal memiliki kadar kafein lebih rendah dari teh biasa. Setelah berbuka dan perut kembali terisi, cobalah minum jus strawberry. Rasanya memang agak asam, tapi mampu membantu kerja limpa melakukan detoksifikasi pada tubuh.
Saat sahur, sebaiknya minum madu secukupnya untuk menjaga vitalitas tubuh, sehingga tetap bugar sampai sore hari. Juga banyak minum air putih utk memperlancar peredaran darah. Cara ini diyakini pula mampu mencegah peradangan pada bibiryg menjadi kering atau pecah2 diakibatkan kurang cairan. Untuk menjaga kelembaban kulit wajah dan bibir pada saat berbuka maupun sahur dianjurkan untuk mengkonsumsi buah2an segar yg mengandung vit C & E.

0 comments: